Depan - Headline - Wow, MK Batalkan Pengalihan SMA SMK ke Provinsi
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Indra Kesuma meninjau pelaksanaan UN di SMA 1 Batusangkar (Foto: David – Spirit Sumbar)
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Indra Kesuma meninjau pelaksanaan UN di SMA 1 Batusangkar (Foto: David – Spirit Sumbar)

Wow, MK Batalkan Pengalihan SMA SMK ke Provinsi

Print Friendly, PDF & Email
Cover Edisi 18 Tahun III/5-11 April 2016
Cover Edisi 18 Tahun III/5-11 April 2016

Spirit Sumbar – Semua provinsi di republik ini telah menyatakan siap untuk mengambil alih pengelolaan Pendidikan Menengah di tahun 2017.

Namun berembus isu, Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan gugatan beberapa kabupaten/kota  agar pengelolaan pendidikan menengah tetap pada kabupaten/kota. Padahal, untuk mempersiapkan pemindahan wewenang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) itu telah menghabiskan banyak biaya.

Menyikapi hal tersebut Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN sebagaimana dilansir Tribun Lampung mengaku masih menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait tuntutan pengalihan SMA dan SMK yang akan dikelola oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

“Kabarnya MK memenangkan tuntutan kita. Tapi, kita masih menunggu nomor putusan MK itu, karena kita juga termasuk yang melakukan tuntutan itu,” kata Herman HN, Rabu, 13/7/2016.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jatim, Saiful Rachman mengaku belum mendengar adanya  putusan MK terhadap gugatan Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2014 tentang peralihan wewenang pengelolaan SMA dan SMK oleh pemerintah kota Surabaya ke pemerintah provinsi Jatim telah dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sampai saat ini mengenai hal tersebut masih belum ada keputusan dari MK. Dan saya pastikan bahwa berita itu hoax (tidak benar, red),” kata Saiful Rachman sebagaimana dilansir Situs Berita Jatim, Selasa (12/7/2016).

Ia mengatakan, andaikan kewenangan pengelolaan SMA/SMK itu telah dikembalikan ke kota/kabupaten, Saiful mengaku cukup senang. Karena, tanggung jawab  pemprov akan lebih ringan dan tidak membebankan provinsi.

DATUAK

Spirit Sumbar
Spirit Sumbar

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...