Jumat , 17 September 2021
Depan - Pendidikan - Keluarga - Wow, Anak ASN Terima Beasiswa Baznas Padang
Penerima beasiswa dari Bazanas Kota Padang
Penerima beasiswa dari Bazanas Kota Padang

Wow, Anak ASN Terima Beasiswa Baznas Padang

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Untuk kebutuhan pendidikan diawal tahun ajaran, Dharmawanita Kota Padang membagikan dana beasiswa melalui BAZNAS kota Padang.  Beasiswa dibagikan pada 406 orang putra dan putri untuk keluarga Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Padang.

Baca juga: Luar Biasa, Voucer Baznas Padang Berserakan ke Parpol

Penyerahan dana beasiswa tersebut dilakukan oleh Ketua DW Padang Ny. Dewi Nasir Ahmad yang didampingi oleh Ketua BAZNAS Padang Epi Santoso di gedung DWP Padang, Rabu (22/6/2016).

Disebutkan biaya yang digelontorkan tahun 2016 ini sebanyak 120 juta dari BAZNAS, kepada putra-putri  ASN Pemko Padang khusus Golongan I dan Golongan II yang disebut keluarga Mustahik dengan program Padang cerdas.

Tahun ini pegawai golongan I dan II di lingkungan Pemko Padang, sangat diperhatikan. Termasuk juga keluarga dalam menyambut tahun ajaran baru untuk jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA.

Jumlah penerima untuk Sekolah Dasar (SD) sederajat sebanyak 164 orang siswa dengan anggaran biaya Rp 250 ribu/orang. Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat menerima anggaran 300 ribu/orang  kepada 114  siswa. Sementara, SMA sebanyak Rp350 ribu/siswa untuk 128 orang penerima.

Dijelaskan, bahwa ikatan Dharmawanita Kota Padang yang terhimpun dalam DWP ini selain memberikan bantuan bersifat sosial juga melakukan pelatihan-pelatihan kepada ibu-ibu yang terhimpun dalam pegawai di lingkungan ASN Padang.

Ditambahkan oleh Ketua Baznas Padang,  pemberian beasiswa khusus anak dari keluarga ASN di lingkungan Pemko Padang yang dihimpun melalui zakat ASN/PNS itu sendiri dilakukan secara rutin setiap tahunnya. “Ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi kelurga golongan I dan II dalam menghadapi tahun ajaran baru dan lebaran,” ujar Epi Santoso

Dana BAZ Padang yang ditarget Rp30 milyar untuk tahun 2016, sementara tahun 2015 hanya Rp20.45 milyar dihimpun dari PNS kota Padang selebihnya dari kampus dan pihak swasta.

Kota Padang sebenarnya memiliki potensi zakatnya 40 milyar/bulan. Namun kenyataannya hanya mencapai kurang dari Rp3 milyar/ bulannya baik itu yang masuk ke lembaga amil zakat PKPU, Rumah Zakat dan DompetDhuafa.

Untuk tahun ini, kampus-kampus swasta yang ada di kota Padang satu persatu sudah membayarkan zakat pegawainya ke BAZ Kota Padang. Termasuk juga PDAM Padang, dengan harapan fungsi lembaga zakat semakin maksimal dirasakan oleh masyarakat.

FALSANAR

Terbit Tiap Senin

Edisi 25 (13 Juni 19 Juni 2016)
Edisi 25 (13 Juni 19 Juni 2016)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Camat Lubuak Bagaluang, Heriza Syafani hadiri acara JBB Masjid Al Quwait Banuaran

Program JBB, Herwaty Taher : Badoncek untuk Kebahagiaan Anak Yatim

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Rumah Gadang Basamo (RGB) Alumni SMA 1 Padang tamatan 1987 bekerjasama dengan ...