Minggu , 26 September 2021
Depan - Headline - Wow, Ada KAN Pembaruan di Batang Kapas
Ketua KAN Pembaruan Kenagarian lV Koto Hilia melantik Imam Khatib (foto - NIKO)
Ketua KAN Pembaruan Kenagarian lV Koto Hilia melantik Imam Khatib (foto - NIKO)

Wow, Ada KAN Pembaruan di Batang Kapas

Print Friendly, PDF & Email
Cover THE PUBLIC Edisi 27
Cover THE PUBLIC Edisi 27

Spirit Sumbar – Ketua Kerapatan Adat Nagari Pembaharuan (KAN P), Asril  Akhir Datuak Rajo Penghulu mengukuhkan pengangkatan pergantian Imam Khatib dan Manti kaum suku Kampai yang baru di Kampung Hilir, Kenagarian lV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat, (14/7/2016).

Pergantian itu dilaksanakan sehubung Manti dan imam Khatib yang lama telah meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, berbagai suku kaum ikut hadir dalam malewakan imam khatib dan manti  yang baru.

Asril Akhir Datuak Rajo Penguhulu langsung mengambil sumpah jabatan perangkat adat itu, yakni Asmen sebagai Manti baru dari kaum Suku Kampai menggantikan Almarhum Amril dengan gelar Rajo Mudo dan Beni Indra selaku imam Khatib menggantikan almarhum Januli Kalut dengan gelar Rajo bagindo Malin.

Ia mengatakan terhitung, Kamis (14/7/2016), yang bersangkutan menyoal segala sesuatu jika terdapat kekeliruan dalam pengangkatan tersebut akan dirubah dikemudian hari. “Jabatan Itu amanah, banyak menyangkut etika dan suri teladan. Beban yang telah disumpah dengan alquran itu sungguh berat. Bukan main-main” jelas dia.

“Selaku pemimpin perangkat adat dari suatu kaum juga harus mampu menjadi teladan yang baik. Jika memiliki kecerdasan berbagilah, jika tidak maka belajarlah,” ujar dia.

Pemuka adat setempat menyampaikan serta menyinggung sedikit tentang adanya istilah KAN Pembaharuan. Kata dia, jangan ada tali silaturahmi yang terputus dengan adanya KAN pembaharuan.

“Jangan saling menyalahkan dan menyudutkan antara yang baru dan yang lama, coba telusuri kenapa harus ada KAN pembaharuan,”tukas dia.

Selanjutnya: Hanya di Batang Kapas, Ada Dua KAN pada Satu Nagari

NIKO

Prev   [ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ] Next

Spirit Sumbar
Spirit Sumbar

 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...