Minggu , 26 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Witriza Wati, Dari Perawat ke Kasat Narkoba Polres Padang Panjang
Sertijab Kasat Narkoba Polres Padang Panjang
Sertijab Kasat Narkoba Polres Padang Panjang

Witriza Wati, Dari Perawat ke Kasat Narkoba Polres Padang Panjang

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spiritsumbar.com— Saat anak-anak ditanya apa cita-citanya, biasanya akan menyebutkan satu profesi. Beda dengan Witriza Wati  yang kini menjabat Kasat Narkoba Polres Padang Panjang, Sumatera Barat, menjawab  ingin menjadi  perawat dan Polwan. Keduanya akhirnya tercapai. Bagaimana ceritanya?

Mengenang masa lalu, AKP Witriza Wati, SH, MH, yang juga mantan Kasubbag Humas Polres Padang Panjang kepada Spiritsumbar.com, bercerita, setelah tamat SMP di Padang  kemudian melanjutkan pendidikan ke  SPK (Sekolah Pendidikan Kesehatan) Asiyah  di Padang. Begitu tamat tahun 1996 dia sempat bekerja di klinik bersalin. Di tahun yang sama  coba mendaftar  Polwan dan akhirnya lulus.Dalam perjalanan kemudian  dia kuliah  S-1 dan S-2  di Fakultas Hukum Unes Padang.

“Memang cita-cita dulunya mau jadi Perawat dan Polwan. Setelah tamat sekolah  perawat tahun 1996, daftar masuk polwan dan Alhamdulillah diterima. Setelah tamat pendidikan Polwan di Ciputat Jakarta Selatan, langsung penempatan dinas pertama di Bidang Dokkes (Kedokteran Kesehatan) Polda Sumbar dari tahun 1998 s/d 2009. Tugas di Biddokkes ya melayani  personil Polri yg sakit. Tahun 2009 mengikuti Pendidikan Secapa di Sukabumi,” papar satu diantara 3 Kasat wanita di Polres Padang Panjang itu.

Bagi wanita kelahiran Padang, 21 Januari 1978 yang merupakan istri seorang perwira di  Polres Tanah Datar ini,    perawat dalam balutan  busana putih, dan Polwan  dengan tampilan gagah berani,  sama-sama mengabdi untuk kemanusiaan dan negara.  Itu sebabnya  hidup di Kepolisian membuatnya penuh syukur tentunya  tanpa  melupakan  ilmu keperawatan  kalau sewaktu waktu  diperlukan minimal untuk keluarga.

Masuk ke Polres Padang Panjang pada tahun 2010 sebagai Kanit PPA Polres Padang Panjang. Pernah juga  menjabat  Paur Rap Hukum Bag Sumda, Kaur Bin Ops Res Narkoba dan  Kasat Binmas di Polres Padang Panjang. Kemudian tahun 2017 mutasi sebagai Kasubbag Dalgar Bag Ren Polres Bukittinggi. Setelah tiga tahun lamanya di Bukitinggi,  balik lagi ke Polres Padang Panjang sebagai  Kasubbag Humas Polres Padang Panjang.

Waktu itu Kapolresnya adalah AKBP Sugeng Hariyadi, SIK, SH. Baru-baru ini di masa Kapolres  AKBP Apri Wibowo, SIK, persisnya Selasa, 20 Oktober 2020 sertijab sebagai  Kasat Narkoba Polres Padang Panjang, kota berpenduduk  58.200 (berdasarkan cacatan Dukpil terbaru).

Serah terima jabatan Kasat Narkoba yang lama Akp Asrul, SH Kepada AKP Witriza Wati, SH, MH   berdasarkan Keputusan Kapolda Sumbar Nomor : KEP/540/X/2020 Tanggal 6 Oktober 2020. Asrul kini menjabat Kasubbag Dal Ops Bag Ops Polres Padang Panjang.  Kapolres Apri Wibowo mengucapkan terima kasih atas pengabdian ditempat yang lama, sekaligus berpesan agar dapat melaksanakan tugas  yang diembankan oleh negara dengan sebaik baiknya, terutama dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Dari penelusuran Spiritsumbar.com, sejak berdirinya Polres Padang Panjang, sejumlah posisi penting pernah dijabat oleh perempuan, diantaranya, Wakapolres 2 kali, seorang diantaranya adalah Kompol Asnita, begitu juga  Kasat Sabhara juga pernah dikepalai Polwan. Dan sekarang  Kabag Sumda, Kasat Binmas dan kasat narkoba di Polres Padang Panjang juga digawangi oleh Polwan. Tapi untuk jabatan Kasat Narkoba baru kali pertama ini dipegang oleh Polwan.

 “Pemberantasan peredaran narkoba harus menjadi skala prioritas, Sebab bahaya narkoba sudah semakin meluas dan meningkat,” ujar Witriza Wat,  kepada Spiritsumbar seraya menambahkan,  Walaupun kasat narkobanya seorang Polwan, Siap Untuk Berantas Narkoba. ( yetti harni)

 

 

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Cabor Gantole, Sumbar Unggul 2 Ronde di Kategori Ketepatan Mendarat

SPIRITSUMBAR. com, – Sempat tertunda karena cuaca buruk pada pertandingan awal cabang olahraga (Cabor) Gantole ...