Beranda - Advertorial - Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin : Rasulullah Teladan Hidup Manusia
Walinagari Aia Gadang Junaidin bersama para pemenang MTQ
Walinagari Aia Gadang Junaidin bersama para pemenang MTQ

Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin : Rasulullah Teladan Hidup Manusia

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.COM, Pasaman Barat – Dalam kondisi dimasa pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pemerintah Nagari Aia Gadang memaknainya dengan mengisi agenda doa bersama serta di isi dengan sejumnlah kegiatan perlombaan keagamaan yang diselenggarakan di Halaman Kantor Wali Nagari Aia Gadang Ahad, 8 November 2020.

“Dimasa pandemi ini kita tetap mematuhi protokol kesehatan, memaknai pekan maulid Nabi Muhammad SAW. Kita melakukan serangkaian kegiatan mengenang ketauladanan Rasulullah semasa hidupnya” ujar Wali Nagari Aia Gadang Junaidin.

Kegiatan tersebut kita laksanakan dengan mengangkat tema “Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kita teladani pelajaran dan Perjuangan Rasulullah dalam mendidik generasi terbaik.



Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya diisi dengan berbagai perlombaan yakni MTQ,hingga lomba Pildacil yang pesertanya berasal dari kafilah TPA/MDA se Kenagarian Aia Gadang. Kegiatan tersebut berlangsung satu hari saja dan dipusatkan di Halaman Kantor Wali Nagari setempat.

Sementara itu, salah seorang panitia pelaksana kegiatan Bulkaini selaku Ketua BKS TPA Nagari Aia Gadang mengatakan, Pemerintah Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman (Pasbar) Dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di isi dengan berbagai perlombaan.

Diantaranya Lomba MTQ terbagi berbagai cabang lomba Cabang Tilawah Menengah, Cabang Tilawah Dasar, Cabang Tartil Menengah, Cabang Tartil Dasar, Cabang Tahfizd serta Cabang Lomba Pildacil yang diikuti peserta dari kafilah TPA / MDA Se Nagari Aia Gadang.

Ia menambahkan, di zaman era digital saat ini tentunya sangat berat tantangan zaman dalam kemajuan diberbagai bidang kehidupan mulai dari budaya,gaya hidup hingga ilmu pengetahuan dapat menggeser sumber daya manusia kedepanya untuk itu Pemerintah Nagari Aia Gadang mencoba memberikan simpul – simpul kehidupan teladan Rasulullah dalam menghadapi hidup di masa saat sekarang.

Diantaranya yang telah dilakukan pemerintah Nagari Aia Gadang mewujudkan Generasi Berakhlak Qur’ani yang berprestasi. Disamping peningkatan kualitas hidup kebutuhan dasar generasi Nagari Aia Gadang melalui Badan Kerjasama (BKS) TPQ,TPSQ,TPA dan MDA se Nagari Aia Gadang telah melakukan sejumlah program.

Mulai dari Didikan Subuh, Pondok Alquran, Khatam Alquran serta melakukan peringatan hari – hari besar agama Islam seperti Tablig akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad, memperingati kalender tahun baru islam hingga telah melakukan Khatam Alquran massal pada tanggal 17 Maret 2019.

Ketua BKS Nagari Aia Gadang Bulkaini mengatakan, program yang telah dilahirkan melalui ide serta gagasan yang di dukung pihak Wali Nagari Aia Gadang. Guna melahirkan generasi – generasi yang mampu menjadikan alquran sebagai pedoman hidup. Juga,  melatih generasi Nagari Aia Gadang mau serta mengamalkan syariatIslam di dalam kehidupan mereka nantinya.

Pencapaian yang telah dilakukan yakni didikan subuh, magrib mengaji,pondok alquran, TPA dan MDA yang telah berjalan, hingga saat ini tetap mendapat dukungan serta dorongan baik moril dan materil dari Pemerintahan Nagari Aia Gadang.

Sementara itu, Wali Nagari Aia Gadang Junaidin mengatakan pihaknya bersama – sama pihak terkait sejumlah pelaksanaan kegiatan tentunya diharapkan mampu melahirkan mamfaat bagi kehidupan mayarakat. Ini merupakan tantangan besar bagi pemerintahan Nagari disamping peningkatan infrastruktur perekonomian.

Dengan keterbatasan kemampuan mulai dari keuangan akses pasar hingga daya saing peningkatan kapasitas sumber daya manusia menjadi penting guna menyongsong makin kompetitif dan begitu ketat persaingan dalam menghadapi tantangan pembangunan kedepanya.

Ia menjelaskan, di tahun 2020 ini dengan di dukung semua pihak sejumlah alokasi terserap dalam pemulihan ekonomi dimasa pandemi covid 19. Ia menyampaikan di tahun sebelumnya kegiatan mulai dari pembangunan fisik serta kegiatan pemberdayaan dapat dilaksanakan dengan baik. Ia juga berpesan diwaktu yang tidak lama lagi beliau akan mengahiri jabatan Wali Nagari Aia Gadang periode 2015 – 2020.

“Enam tahun lebih saya bersama – sama dengan masyarakat aia gadang, ucapan terima kasih yang terhingga.  Semua kegiatan maupun kebijakan atas dukungan semua pihak mudah – mudahan apa yang telah kita laksanakan bersama dapat bermamfaat bagi kemajuan serta peningkatan kualitas hidup generasi hingga taraf hidup masyarakat Aia Gadang,” ujar Junaidin mengakhiri pidatonya. (Adv/SYAFRIZAL/BY)

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Tokoh Masyarakat Tanjung Gadang datangi Mapolres Sijunjung

4 Awak Bus ALS Lakukan Pembunuhan, Tokoh Masyarakat Tanjung Gadang Datangi Polres Sijunjung

SPIRITSUMBAR.COM, Sijunjung – Terungkapnya kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh 4 awak Bus ALS di ...