Beranda - Covid19 - Wagub Sumbar : Positif Virus Corona Bukanlah Aib
Wagub Sumbar saat teleconfrence covid-19
Wagub Sumbar saat teleconfrence covid-19

Wagub Sumbar : Positif Virus Corona Bukanlah Aib

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Padang – Covid 19 merupakan wabah virus yang tidak perlu terlalu ditakuti dan merasa malu untuk memeriksakan diri. Akan tetapi lebih baik cepat diketahui agar bisa ditangani oleh tim dokter karena setiap kita punya kekuatan imun tubuh untuk sembuh melawan virus covid 19 ini.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit disela-sela kesibukan di ruang kerjanya, Kamis (2/4/2020).

Wagub Sumbar katakan setuju dengan pendapat dr. Rizanda Dosen Kedokteran Unand yang menyatakan terkena virus corona 80 persen sembuh karena ada imun tubuh setiap orang. Tinggal bagaimana menekan angka 20 persen terhindar dari kematian.

Baca : Sumbar Siapkan Dua Rumah Sakit Khusus, untuk Rawat Virus Corona


Artikel Lainnya

loading…


“Kita perlu terbuka dan mencari sebanyak-banyak kasus dalam penanganan covid 19 ini agar cepat memeta lokasi dan segera dapat penanganannya. Tinggal kita bagaimana mempersiapkan sarana dan prasarana dalam perawatan sembuhnya,” ungkap Nasrul Abit.

Nasrul Abit ajak bagaimana masyarakat yang ODP isolasi di rumah itu disiplin agar tidak menjadi penyebar wabah covid 19 ini.

“Sakit terkena virus covid 19 semakin cepat diketahui akan memudahkan upaya penanganannya. Kita sadar sakitnya penyebaran covid ini serentak sehingga jumlah jadi berlipat dan kekawatiran fasilitas pelayanan kurang. Butuh perhatian Bupati dan Walikota menyediakan layanan pada satu titik agar tidak menyebar kepada yang lain”, ungkap NasruL Abit.

Nasrul Abit juga katakan, akan lebih bagus jika ada masyarakat merasa gejala covid 19 melaporkan diri dan menjalani pemeriksaan memastikan. “Jadi masyarakat dalam pemeriksaan tidak perlu berbohong. Kejujuran dan sportif dan disiplin menjalani proses isolasi diri hingga perawatan jika positif akan cepat dapat tangani proses penyembuhan,”  ajaknya.

Nasrul Abit juga tekankan agar masyarakat untuk sementara tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul dalam jumlah banyak sosial kemasyarakatan. “Karena makin banyak berdekatan dengan banyak orang sangat besar kemungkinan terkena covid 19. Lebih dirumah isolasi mandiri untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19”, katanya mengingatkan.

Nasrul Abit juga menyampaikan, bagi para tenaga kesehatan yang bertugas agar selalu berhati-hati dalam memakai Alat Pelindung Diri (APD) dan dalam melakukan pemeriksaan pasien. Termasuk dalam menjaga kebersihan tempat pada saat ke toilet seperti yang diutarakan dr. Rizanda pada Video Confrence bersama Gubernur Sumbar. (Salih/rel)



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Haul ke - 4, Husni Kamil Manik yang digelar GPII Sumbar

Husni Kamil Manik Terbilang Orang Beruntung

Sementara, Eka Vidya Putra mengisahkan perjalanan aktivis kemahasiswaan HKM. Dimulai dari momen jadi santri di ...