Depan - Berita Pilihan - Wagub Audy Puji Gerakan Warga Padang Panjang Bangun 3 Obyek Wisata
Wagub Audy, Wako Fadly dan rombongan tinjau goro pembukaabn objek wisata di Kelurahan Pasar Usang
Wagub Audy, Wako Fadly dan rombongan tinjau goro pembukaan objek wisata di Kelurahan Pasar Usang

Wagub Audy Puji Gerakan Warga Padang Panjang Bangun 3 Obyek Wisata

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spiritsumbar – Wakil Gubernur Audy Joinaldy sangat menyambut positif kegiatan warga di Kota Padang Panjang bergotong royong membangun beberapa objek wisata. Sebab, community based tourism (pariwisata yang muncul dari gerakan warga) diyakini akan bisa berkembang.

Pandangan itu disampaikan oleh Wagub Audy menjawab pertanyaan wartawan, usai meninjau kegiatan warga bergotong royong membangun obyek wisata alam Kelok Kabuik di Gantiang, Batulimo di Silaiang Ateh, dan jogging track di Pasar Usang didampingi Walikota Fadly Amran dan Wawako Asrul, Minggu (7/3).

Keyakinan Wagub Audy tadi, karena lokasi ketiga obyek wisatanya juga memiliki view yang bagus. Berikut, lokasinya yang strategis di tepi jalan raya. Pantauan Spiritsumbar.com, obyek wisata Batulimo dan jogging track berada di tepi jalan raya Padang-Bukittinggi. Sedang Kelok Kabuik di tepi jalan raya Bukittinggi-Solok.

Wagub Audy, Wako Fadly, Wawako Asrul dan anggota DPRD Nasrullah di Batulimo
Wagub Audy, Wako Fadly, Wawako Asrul dan anggota DPRD Nasrullah di Batulimo

Kegiatan gotong royong warga masyarakat membangun obyek wisata itu terlihat juga diikuti oleh anggota TNI, POLRI, Pramuka, kalangan anggota DPRD, pemuka masyarakat, aparat kelurahan dan LPM kelurahan. Mereka terlihat membaur dan saling membantu dalam bekerja di lokasi yang dikembangkan jadi obyek wisata tersebut.

Terkait obyek wisata jogging track dari Pasar Usang ke Silaiang Ateh, seperti disebut oleh Kasi Trantibum Kelurahan Pasar Usang, Romi Saputra, masih ada yang perlu dibenahi. Pertama, saluran irigasi permanen yang dilewati untuk jogging track itu masih ada yang terbuka (belum di lantai) sekitar 50 meter, jadi perlu segera dilantai.

Kedua, adanya terowongan sepanjang sekitar 25 meter dengan tinggi sekitar 150 CM yang dilewati irigasi itu. Sebab, lebar terowongannya relatif sempit, hanya sekitar 60 CM, sehingga mungkin ada yang kurang suka melewatinya. Solusinya, akan segera dibuat jalan alternatif di sisi agak sedikit ke bawah dari irigasi itu.

Lalu, karena pembangunan ketiga obyek wisata itu masih butuh biaya, Walikota Fadly atas pertanyaan wartawan, menyebut warga dari ketiga kelurahan tadi dipersilahkan mengajukan anggaran untuk itu. Insya Allah, akan diupayakan membantu pembiayaannya, imbuh Walikota Fadly.

Walikota Fadly sangat mensupport gerakan warga membangun obyek wisata itu, karena semakin banyak obyek wisata di kota ini akan lebih semakin peluang terjadi peningkatan keramaian kunjungan wisatawan. Dari keramaian wisatawan itu, uang akan lebih banyak masuk dan berputar lewat berbagai usaha ekonomi warga.

Dari keramaian kunjungan wisatawan itu pula akan terjadi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Saat ini obyek wisata yang sudah ada di Padang Panjang, antara lain Mifan Water Park, PDIKM (obyek wisata sejarah & budaya), wisata kampus, health tourism, Islamic Centre, wisata event, Masjid Asasi dan lainnya.(jym/yet).–

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Bright Gas Bersinergi Dengan UMKM Randang Payakumbuh Menuju Go Digital

Rangkaian Kampanye City of Randang SPIRITSUMBAR.com, Padang – Sebanyak 40 UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan ...