Sabtu , 25 September 2021
Depan - Headline - Wabup Pasbar : Tata Kelola Pemerintahan Diawali Proses
Wabup Pasbar hadiri pelantikan perangkat nagari persiapan
Wabup Pasbar hadiri pelantikan perangkat nagari persiapan

Wabup Pasbar : Tata Kelola Pemerintahan Diawali Proses

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Simpang Ampek – Wakil Bupati Pasbar Yulianto hadiri Pelantikan perangkat Nagari Talu, Senin 30 Oktober 2017.

Dalam sambutanya menyampaikan bahwa Tata kelola pemerintahan yang baik diawali dengan proses transparansi pengelolaan pemerintahan yang sesuai dengan ketentuan per undangan-undangan.
Artikel Lainnya

loading…


Sesuai dengan amanat UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pembentukan pemerintahan nagari baru terlebih dahulu melalui pembentukan pemerintahan nagari persiapan. Ia menambahkan, untuk selanjutnya setelah dilakukan pelantikan perangkat nagari akan dilakukan penataan batas nagari.

Pemerintahan Nagari Persiapan  akan dievaluasi kinerjanya tiga tahun kedepan . Apabila hasil evaluasi nantinya dinyatakan  layak untuk menjadi pemerintahan nagari baru. Barulah dibuat Ranperda tentang pembentukan pemerintahan nagari. “Kemudian Ranperda tersebut kita sampaikan ke Pemerintahan yang lebih tinggi untuk di evaluasi. Hingga ada keluar nomor Register Nagari /Desa dari Kementerian Dalam Negeri.

Setelah kode itu kita peroleh maka Ranperda tentang Pembentukan Nagari baru kita undangkan dalam lembaran daerah dan resmilah pemerintahan nagari persiapan itu menjadi pemerintahan nagari yang baru,”Ujar Yulianto.

Khusus kepada perangkat pemerintahan nagari persiapan, bahwa sesuai dengan UU mempunyai tugas yang cukup berat. Ini dikarenakan perangkat pemerintahan nagari persiapan ini bekerja dimulai dari nol. Ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan yakni penetapan batas wilayah pemerintahan nagari sesuai dengan kaidah topografi.

Adapun sejumlah tugas yang akan segera dilaksanakan diantaranya Pengelolaan anggaran operasional nagari persiapan yang bersumber dari anggaran dan belanja nagari induk. Pembentukan struktur organisasi. Pengangkatan perangkat nagari, penyiapan fasilitas dasar bagi penduduk nagari, pembangunan sarana dan prasarana pemerintahan nagari.

Pendataan bidang kependudukan, potensi ekonomi, inventarisasi pertanahan serta pengembangan sarana ekonomi pendidikan dan kesehatan serta pembukaan akses perhubungan antar nagari. “Kepada masyarakat, niniak mamak kita berharap dukungan untuk  proses selanjutnya seperti pembentukan tapal batas nagari,”Kata Syahiran . (By)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PON XX Papua 2021, Kontingen Sumbar : Papua Sangat Kondusif

SPIRITSUMBAR.com, Papua – Kondisi empat kluster kota dan kabupaten pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX ...