Beranda - Headline - Viral Panji, Sepatu Bolong dan Hadiah Sepeda Motor

Viral Panji, Sepatu Bolong dan Hadiah Sepeda Motor

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Sukabumi – Video seorang guru yang mendapat hadiah motor dan sepatu baru viral di media sosial. Panji Setiaji merupakan guru honorer asal Sukabumi yang terpaksa tetap memakai sepatu bolong-nya selama beberapa bulan ketika mengajar.

Melalui sesi wawancara bersama Dedy Corbuzier, Panji menceritakan kisahnya selama menjadi guru honorer. Menurutnya, sudah 6 tahun Panji mengabdi sebagai guru honorer yang mengajar matematika di SDN Babakan, Sukabumi. Untuk sampai di sekolah, ia harus menempuh perjalanan sejauh tujuh kilometer dengan menggunakan sepeda motor yang sering mogok.

Sepatu bolongnya itu juga disebabkan karena dirinya sering men-starter motornya yang kerap mogok. Ia terpaksa tetap menggunakan sepatu bolongnya karena gajinya tidak cukup untuk membeli sepatu baru.




Sebagai guru honorer, Panji mengungkapkan jika dirinya hanya digaji sekitar Rp300 ribu atau Rp400 ribu setiap bulannya. “Jangankan untuk membeli sepatu, uang gaji itu saya cukup-cukupin untuk beli bensin, benerin motor, dan makan saja. Jadi saya belum mampu untuk beli sepatu baru. Sekiranya masih bisa dipakai ya saya pakai saja,” ungkap Panji.

Artikel Lainnya

loading…


Panji juga mengungkapkan jika dirinya sudah mengabdi menjadi seorang guru selama 6 tahun, namun sebelumnya ia hanya menjadi guru pengabdi yang dibayar se-ikhlasnya. Baru sekitar 6 bulan terakhir ia diangkat sebagai tenaga honorer dengan gaji Rp300 ribu sebulan.

Deddy Corbuzier sempat menanyakan mengapa Panji tetap melanjutkan menjadi seorang guru dengan gaji yang bisa dibilang tidak mencukupi kebutuhan hidupnya. Namun, Panji mengatakan jika tujuannya ingin mengabdi untuk mencetak anak-anak bangsa yang lebih baik.

“Menjadi guru itu adalah sebuah pekerjaan yang mulia, tujuan saya pengabdian untuk mencetak anak-anak didik dipersiapkan untuk masa depan. Yakin kepada Allah, Allah yang akan memeprmudah jalan kita,” ungkap Panji.
Ingin Menjadi PNS

Video yang belum lama beredar memperlihatkan Panji mendapat hadiah sepatu, tas, dan motor baru dari relawan sosial yang ada di Sukabumi. Kristiawan, anggota relawan tersebut menceritakan bagaimana Panji bisa mendapatkan bantuan.

“Saya kenal Panji sudah lama karena sama-sama relawan sosial tetapi dengan komunitas yang berbeda. Di komunitas saya kebetulan memang ada program reward untuk guru honorer. Kemudian kita tinjau kehidupan Panji seperti apa,” ungkap Kristian.

Dalam kesempatan ini Kristian juga mengatakan jika di Sukabumi sendiri masih banyak guru honorer yang memiliki nasib serupa. “Kalau guru honorer itu masih banyak yang seperti itu apalagi di daerah-daerah terpencil bahkan ada yang lebih kecil,” kata Kristiawan.



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Komite II DPD RI Lakukan Pengawasan Empat Undang-Undang

Spiritsumbar.com, Jakarta – Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka pengawasan pelaksanaan ...