Depan - Berita Pilihan - Vaksin MR Haram, MUI : Pemerintah Wajib Sediakan Vaksin Halal
vaksin palsu (foto - idntimes.com)
vaksin palsu (foto - idntimes.com)

Vaksin MR Haram, MUI : Pemerintah Wajib Sediakan Vaksin Halal

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Jakarta – Terkait polemik  Vaksin Measles Rubella atau Vaksin MR, akhirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa dengan nomor 33 tahun 2018 tentang Penggunaan Vaksin MR, Senin (20/8/2018).

Dalam fatwa tersebut, MUI dengan tegas menyatakan produk dari Serum Institut of India untuk imunisasi tersebut adalah haram. Hal ini didasari produk dari Serum Institut of India (SII) itu dalam proses produksinya menggunakan bahan yang berasal dari babi.

Namun dalam fatwa MUI tersebut tersebut juga dikatakan penggunaan vaksin tersebut pada saat ini dibolehkan karena keterpaksaan. Karena, ada keterangan dari ahli yang kompeten dan dipercaya tentang bahaya yang ditimbulkan akibat tidak diimunisasi.

MUI merekomendasikan agar pemerintah wajib menjamin ketersediaan vaksin halal untuk kepentingan imunisasi bagi masyarakat. (Salih)

 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...