Sabtu , 25 September 2021
Depan - DPD RI - Utamakan Keamanan pada Produk Makanan
Kegiatan edukasi tentang obat dan makanan di Kota Padang
Kegiatan edukasi tentang obat dan makanan di Kota Padang

Utamakan Keamanan pada Produk Makanan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Masih ditemukannya produk makanan yang tidak memenuhi standar persyaratan mutu dan keamanan harus menjadi perhatian serius seluruh pihak. Pengawasan, tanggungjawab produsen dan kesadaran konsumen musti lebih ditingkatkan lagi.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Syahrial saat mewakili Wali Kota Padang pada kegiatan edukasi tentang obat dan makanan di gedung KNPI Sumbar, Komplek GOR H. Agus Salim, Kamis (11/4/2019).

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini tanggungjawab produsen makanan masih rendah perihal mutu dan keamanan pangan, terutama pada industri kecil dan industri rumah tangga. Begitu juga dengan kesadaran konsumen dalam mengkonsumsi produk yang berkualitas. Salah satu penyebabnya, karena kurangnya pengetahuan terhadap produk makanan tersebut.

“Segala persoalan tersebut harus kita selesaikan bersama. Baik itu BPOM, pemerintah, produsen maupun konsumen,”  ungkap Syahrial.

Ditambahkannya, keamanan pangan menjadi syarat utama yang harus dipenuhi produsen makanan sebelum produk makanan tersebut diedarkan. Produsen perlu diedukasi tentang penggunaan bahan berbahaya dalam makanan.

“Pengawasan peredaran makanan oleh BPOM untuk melindungi kesehatan masyarakat dari apa yang mereka konsumsi. Termasuk dalam penggunaan obat dan kosmetik”, tutur Syahrial.

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR RI Betty Pasadigoe yang hadir di kesempatan tersebut, mengatakan, edukasi tentang keamanan produk pangan dan obat kepada masyarakat harus terus dilakukan. Untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam mengkonsum makanan, obat dan penggunaan kosmetik.

“Sosialisasi dan pengawasan sangat penting, agar penggunaan bahan kimia yang berbahaya tidak ditemukan lagi dalam produk makanan, obat dan kosmetik”, ujar Betty.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 400 orang dari komunitas pelaku industri kecil dan rumah tangga, dan generasi muda Kota Padang. (Salih)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PON XX Papua 2021, Kontingen Sumbar : Papua Sangat Kondusif

SPIRITSUMBAR.com, Papua – Kondisi empat kluster kota dan kabupaten pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX ...