Senin , 27 September 2021
Depan - Berita Pilihan - UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak Launching “Kejar Radek” untuk Atasi Kendala PJJ

UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak Launching “Kejar Radek” untuk Atasi Kendala PJJ

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.COM, Limapuluh Kota – UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak meluncurkan radio edukasi. Kehadiran radio ini untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa Covid-19 saat ini.

Hal itu disampaikan Kepala UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak, Harnieti, S. Pd., M.Pd. dalam sambutannya pada launching radio di ruang pertemuan UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak, Nagari Sungai Kamuyang (19/10/2020).

“Radio ini sebagai sarana belajar mengajar dan jembatan informasi antara guru dan peserta didik. Pengadaan radio ini diharapkan dapat menjaga kualitas pembelajaran pada masa pandemic saat ini. Selain itu dapat meringankan beban orangtua peserta didik dalam hal pembelian kuota internet”, ujarnya.



Radio yang diberi nama “Kejar Radek” UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak ini mengudara pada frekuensi 107,5 FM dengan jangkauan mencapai radius 15 Km.

Menurut Harnieti, pada masa pandemi covid -19 ini pembelajaran dilaksanakan secara daring atau luring, yang juga dikenal dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh saat ini banyak menemui kendala. Diantaranya, jaringan internet yang tidak menyentuh seluruh daerah, tidak semua peserta didik memiliki android atau laptop, tidak semua orangtua mampu membelikan kuota internet untuk anaknya, dan berbagai kendala lainnya.

“Hal inilah yang menginspirasi kami untuk mengadakan radio edukasi sebagai solusi tantangan dan kendala pembelajaran saat ini”, sebutnya.

Sementara itu, Indrawati, S. Pd., M.M. Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota sangat mengapresiasi pengadaan radio edukasi di UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak.

“Saya merasa bangga dengan adanya inovasi baru yang diciptakan Kepala UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak beserta seluruh majelis guru dan tenaga adminsitrasi sekolah. Semoga radio edukasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat menjadi sarana penunjang dalam pembelajaran saat ini,” ujarnya.

Ia berharap ke depannya radio ini tidak hanya difungsikan sebagai sarana pembelajaran semata. Melainkan dapat pula dijadikan sebagai sarana untuk melatih keterampilan peserta dalam bidang ekstrakurikuler.

Sejalan dengan itu, Camat Luak, Muftil Wahyudi juga memberikan apresiasinya terhadap inovasi dan pembaruan yang dilakukan keluarga besar UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak ini. Sebab mampu memberikan solusi terhadap kendala pembelajaran saat ini.

“Manfaatkanlah radio edukasi ini sebaik mungkin dalam memberikan layanan terhadap peserta didik. Selain itu, saya berharap semoga radio ini tetap eksis dengan program-program yang menarik”, imbuhnya.(rel)

Tip & Trik

loading…


 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PT. X Dareh Group dan Polres Dharmasraya Gelar Gerai Vaksinasi Presisi Polri

SPIRITSUMBAR.com, Dharmasraya – Dalam pelaksanaan program pemerintah tentang Vaksinasi, PT. X Dareh Group bekerjasama dengan ...