Minggu , 26 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Unand Raih 2 Kado Terindah, Jelang Dies Natalis ke 65 dan Lustrum XIII Unand
Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH, didampingi Wakil  Rektor I, Prof. Dr. Mansyurdin, MS, Wakil  Rektor II, Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, Wakil  Rektor III, Ir. Insannul Kamil, M. Eng, Ph.D, dan Wakil  Rektor IV, Dr. Hefrizal Handra, M. Soc.
Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH, didampingi Wakil  Rektor I, Prof. Dr. Mansyurdin, MS, Wakil  Rektor II, Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, Wakil  Rektor III, Ir. Insannul Kamil, M. Eng, Ph.D, dan Wakil  Rektor IV, Dr. Hefrizal Handra, M. Soc.

Unand Raih 2 Kado Terindah, Jelang Dies Natalis ke 65 dan Lustrum XIII Unand

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Dua kado terindah dipersembahkan Universitas Andalas (Unand) jelang Dies Natalis ke-65 dan Lustrum XIII.

Universitas tertua di luar Pulau Jawa ini ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Ini merupakan PTN-BH ke-13 di Indonesia.

Selain itu, Mahasiswa Berprestasi terbaik tinggal nasional juga berhasil diraih. Prestasi ini berhasil mengalahkan universitas terkemuka, seperti ITB, IPB dan lainnya.

“Ini patut disyukuri. Apalagi Presiden Jokowi juga bersedia menjadi pembicara kunci pada Dies Natalis Ke-65 dan Lustrum XIII pada 13 September 2021,” ujar Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH, didampingi Wakil  Rektor I, Prof. Dr. Mansyurdin, MS, Wakil  Rektor II, Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, Wakil  Rektor III, Ir. Insannul Kamil, M. Eng, Ph.D, dan Wakil  Rektor IV, Dr. Hefrizal Handra, M. Soc.

Prof. Yuliandri menyampaikan dengan PTN-BH, banyak sekali yang dapat dilakukan Unand. Karena memperoleh otonomi. Baik dibidang akademik maupun Non akademik. Termasuk kemandirian dalam tata kelola dan pengambilan keputusan.

“PTN-BH juga mendapat otonomi dalam pengaturan dan pengelolaan aset serta keuangan. Termasuk sistem penjaminan mutu,” jelas Prof. Yuliandri

Sejalan dengan penetapan PTN-BH, lanjut Prof. Yuliandri, Unand akan menambah jumlah program studi (prodi) yang diminati calon mahasiswa. Juga, prodi yang dibutuhkan pasar dan pembangunan nasional.

Dia juga menegaskan, akan menutup program studi yang tidak diminati oleh calon mahasiswa. “Pembukaan program studi baru lebih diprioritaskan pada program studi profesi, Magister, dan Doktor,” ungkap Prof. Yuliandri.

Dia menambahkan penetapan Unand sebagai PTN-BH berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2021 Tentang PTN BH UNAND. Serta diundangkan pada tanggal 31 Agustus 2021, melalui Lembaran Negara Tahun 2021 Nomor 203. Salinan Peraturan Pemerintah itu kita terima tanggal 3 September 2021.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis dan Lustrum XIII Unand yang juga Wakil Rektor III Unand, Ir. Insannul Kamil, M. Eng, Ph.D menambahkan kado kedua, berhasilnya salah seorang mahasiswa Unand sebagai Mahasiswa Terbaik tingkat Nasional.

“Syukur Alhamdullillah, Dua kado ini bertepatan dengan Lustrum XIII dan Dies Natalis ke-65 tahun 2021. Semoga, hal ini semakin memicu semangat kerja kami dan civitas akademika Unand lebih profesional dalam melaksanakan pengabdiannya menuju Unand lebih baik dan unggul di masa mendatang, ” ungkap Nanuk, sapaan akrab Wakil Ketua Umum II Kadin Indonesia ini (Salih)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...