Minggu , 19 September 2021
Depan - Headline - Tumbangkan Singapura, Timnas Laos Buka Peluang ke Semifinal

Tumbangkan Singapura, Timnas Laos Buka Peluang ke Semifinal

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com  – Laos kembali meraih kemenangan dengan mengalahkan Singapura 2-1 dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Rabu (1/8) malam. Hasil ini membuka peluang tim besutan Kanlaya Sysomvang lolos ke semifinal.

Dengan hasil ini membuat Laos menempati posisi kedua klasemen sementara dengan mengoleksi enam poin. Laos hanya kalah selisih gol dari Thailand yang memuncaki klasemen sementara Grup B.

Pada pertandingan ini, Laos yang memiliki modal bagus setelah menang 3-2 atas Brunei Darussalam, menerapkan taktik serangan balik. Cara itu efektif untuk menimbulkan kepanikan di barisan pertahanan Singapura.



Dari taktik itu pula, Laos membuka keunggulan pada menit ke-16 lewat gol yang dicetak sang kapten Chony Wenpasert. Unggul satu gol tak membuat Laos terlena karena mereka tetap solid menggalang pertahanan. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

loading…


Memasuki babak kedua, Singapura mengubah taktik permainan. Mereka lebih agresif menyerang dari berbagai arah. Namun, keasyikan menyerang justru membuat pertahanan mereka terbuka. Situasi itu kembali mampu dimanfaatkan Laos yang menggandakan skor menjadi 2-0 melalui gol kedua Wenpasert pada menit ke-54.

Kebobolan dua gol tak membuat Singapura menyerah. Sayang, berbagai upaya yang mereka lakukan hanya berbuah satu gol melalui aksi Chua Ming Xuan yang menjadi pencetak gol semata wayang Singapura di pertandingan ini. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Laos.

Mengenai kekalahan ini, pelatih Singapura, Ryo Shigaki, mengakui Laos tampil lebih efektif. “Di babak pertama kami tidak menjalankan taktik dengan baik. Kami sudah berusaha cetak gol, tapi kami kurang beruntung,” tuturnya.

Shigaki mengatakan di babak kedua timnya sudah tampil lebih baik walau serangan Laos berkali-kali membahayakan gawang Singapura. “Kami sudah berusaha mencetak gol di babak kedua, namun serangan yang kami lakukan sulit menembus kuatnya pertahanan Laos,” terangnya.

Namun, Singapura enggan berkecil hati dengan hasil ini. Meski sulit karena di Grup B ini bercokol tim-tim kuat, menurut Shigaki peluang anak asuhnya masih ada untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Sedangkan di pihak Laos, pelatih Kanlaya Sysomvang mengaku senang dengan kemenangan ini. Menurutnya, hasil ini melebihi ekspektasinya. “Permainan yang bagus bagi kedua tim. Kami bermain bertahan dan menyerang dengan baik. Anak-anak melakukan pekerjaannya dengan baik,” puji Kaniaya.

Menurutnya, kemenangan kedua di Grup B Piala AFF U-16 2018 didapatkan karena interaksi sesama pemain semakin membaik. “Kami akan melihat setiap pertandingan yang kami jalani sebagai bahan evaluasi. Apa yang kurang akan kami perbaiki dalam latihan nanti. Untuk taktik apa yang akan kami terapkan di pertandingan berikutnya, bisa dilihat di lapangan,” terangnya.



Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...