Beranda - Pendidikan - Artikel - Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran
Rikotmi Hasindi
Rikotmi Hasindi

Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Rikotmi Hasindi (Guru UPTD SMPN 1 Kec. Luak)

Tujuan adalah langkah awal mencapai keberhasilan.Tujuan itu amatlah penting karena tujuan adalah target yang akan dicapai. Oleh sebab itu, untuk mencapai sesuatu program sangat diperlukan tujuan .

Dengan mempunyai tujuan , seseorang akan menetapkan dengan ketetapan yang akan dia peroleh atau dapat diambilnya. Seperti kita pergi ke pasar membeli sesuatu . Jika kita ke pasar tanpa ada tujuan yang jelas maka kita pergi jalan-jalan tanpa arah yang harus kita dapatkan berguna untuk kebutuhan hidup .

Begitu pulalah dengan tujuan menggunakan media pembelajaran. Kita menggunakan media pembelajaran pasti ada target yang harus di capai untuk peserta didik kita yaitu memberikan ilmu pengetahuan, mereka faham, mengerti, mengenal , dan mau mempelajari dan mempraktikkan apa yang di ajarkan.



Media pembelajaran adalah alat atau kendaraan yang menghantarkan informasi kepada peserta didik untuk menyampaikan tujuan yang akan dimaksud di dalam belajar. Maka media pembelajaran adalah sarana yang tidak bisa dilupakan jika ingin mendapatkan hasil yang baik di dalam proses belajar dan mengajar.

Dalam rangka memperlancar pencapaian tujuan pembelajaran di dalam proses belajar dan mengajar maka diperlukan media. Hal ini berfungsi sebagai perantara dalam berkomunikasi oleh guru kepada peserta didik.

Dengan menggunakan media pembelajaran akan menciptakan situasi belajar bagi peserta dididk yang sulit dilupakannya. Karena dengan media pembelajaran yang menarik akan membuat peserta didik lebih tertarik di saat belajar dan mengikuti pembelajaran dengan serius.

Media pembelajaran itu sangat perlu digunakan. Karena menggunakan media pembelajaran peserta didik akan terangsang didalam proses belajar sebab. Salah satu tujuan media belajar di adakan adalah memberi motivasi peserta didik mencari pesan yang disampaikan oleh media tersebut.

Seorang guru yang menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan media akan lebih efektif di dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dia akan lebih mudah mencapai apa yang diharapkan bila dibandingkan dengan guru yang hanya berceramah di dalam kelas.

Dengan menggunakan media pembelajaran peserta didik juga akan merasakan bervariasinya tampilan-tampilan metode penyampaian materi pembelajaran oleh guru di dalam belajar, ini juga akan membuat peserta didik lebih tertarik dan tidak membosankan di dalam kelas.

>>> Selanjutnya

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Hari Santri, PWNU Sumbar Hadirkan Cak Imin dan Maidir Harun

SPIRITSUMBAR.COM, Padang – Memeriahkan Hari Santri yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, Pengurus ...