Beranda - Pendidikan - Artikel - Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran
Rikotmi Hasindi
Rikotmi Hasindi

Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran

Print Friendly, PDF & Email

Menurut Nana Sudjana, dkk (2002) memberikan tujuan dan mamfaat dari menggunakan media pembelajaran tersebut. Pertama,pengajaran yang diberikan guru akan lebih menarik perhatian peserta didik dan akan menimbulkan motivasi terhadap materi tersebut untuk dipelajari.

Kedua, bahan yang diberikan guru akan lebih jelas maknanya sehingga lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Ketiga, metode pengajaran yang diberikan guru lebih bervariasi. Empat, peserta didik akan lebih banyak giat belajar.

Manfaat dan kelebihan menggunakan media pembelajaran (Sumiati dan Asra: 2019) adalah. Pertama, materi pembelajaran akan lebih jelas dan nyata dari yang abstak menjadi nyata, contoh: menerangkan tulang rangka manusia dalam pelajaran IPA.

Kedua,memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya.



Ketiga,mempelajari pelajaran berulang-ulang , seperti tape recorder. Keempat, memungkinkan adanya persamaan persepsi dan pendapat terhadap materi yang abstrak.

Kelima, menarik perhatian siswa, sehingga menimbulkan mianat, motivasi, aktivitas dan kreatifitas belajar siswa. Keenam, membantu peserta didik belajar secara individu, kelompok agar lebih memahami.

Tujuh, materi lebih mudah diingat .Delapan, mempermudah dan mempercepat penyajian materi. Sembilan, mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan indera.

Guru yang hanya berceramah saja di saat menyampaikan materi pembelajaran, peserta didik akan banyak tingkahnya ketika mengikuti pembelajaran. Mungkin saja ada yang tidur-tuduran bergurau dengan teman, atau mungkin saja mendengarkan tapi hatinya dongkol terhadap ceramah yang disampaikan guru tersebut.

Oleh sebab itu menggunakan media di dalam pembelajaran itu sangatlah penting agar siswa berminat mengikuti pembelajaran yang diberikan.

Untuk memulai mendapatkan hasil yang lebih baik dalam proses belajar dan mengajar maka hendaklah guru juga memulai membuat dan menggunakan media pembelajaran tersebut.

Paling tidak bermula dari membuat dan menggunakan media pembelajaran tersebut dari media sederhana seperti spanduk, poster, lukisan, foto, tape recorder, brosur, dan lain-lain.

Penggunaan media seperti ini akan lebih mengefektifkan seorang guru di dalam penyampaian pesan kepada siswa berdasarkan materi yang di ajarkannya.

Sekalipun saat sekarang ini perkembangan tekonologi sangatlah pesat dengan berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk media pembelajaran tetapi untuk memulai bergerak atau menggunakan media pembelajaran mungkin diawali dengan pembuatan media sederhana tersebut agar tercapai tujuan pembelajaran yang di targetkan.

Dengan demikian jika guru telah memulai bergerak untuk membuat media yang diawali dengan media sederhana tersebut, berharap bermula dari sana maka guru tersebut akan kreatif dan inovatif . Maka guru yang kreatif akan tertular pula kepada peserta didiknya ke kreatifan guru tesebut. Pendidikan maju , Negara maju.

<<< Sebelumnya

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Hari Santri, PWNU Sumbar Hadirkan Cak Imin dan Maidir Harun

SPIRITSUMBAR.COM, Padang – Memeriahkan Hari Santri yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, Pengurus ...