Depan - Berita Pilihan - Truck Fuso Putus Rem; Hantam 1 Bus, 4 Rumah, 3 Motor dan 1 Rumah Makan

Truck Fuso Putus Rem; Hantam 1 Bus, 4 Rumah, 3 Motor dan 1 Rumah Makan

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spiritsumbar.com– Sebuah truck  mengalami rem blong  di ruas jalan Bukittinggi-Padang  Panjang, Sumatera Barat, Kamis (01/07). Diduga lost control, truck naas tersebut kemudian menabrak satu bus sekolah, 4 rumah, sebuah rumah makan serta 3 sepeda motor. Dilaporkan, seorang meninggal dunia dan 22 orang  lainnya mengalami luka berat dan ringan.

Kapolres Padang Panjang, AKBP Apri Wibowo, SIK, SH, melalui Kasat Lantas, AKP Dedi Antonis, SH, yang dihubungi spiritsumbar.com mengatakan, pihaknya telah melakukan olah TKP. Diduga truck Mitsubishi  Fuso  B 9101 BEV  yang datang dari arah Bukittinggi, dikemudikan JW (47), suku Batak, alamat, Medan, mengalami rem blong. Truck kemudian menghantam bus Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah, BM 7784 JU yang dikendarai Budiman (39), suku Minang, alamat Rokan Hilir, Riau. Bus yang membawa pelajar dan guru dari Riau ini  lantas menabrak sebuah  rumah di tepi jalan hingga rusak parah.

Tak sampai disana, truck terus meluncur di jalan beraspal lebar yang sedikit menurun itu, lalu  menyambar 3 unit sepeda motor,  sebuah rumah makan dan 4 unit  rumah. Seorang korban yang wafat adalah penumpang bus pariwisata bernama Halomoan Dalimunte. Korban luka selain penumpang bus, terdapat juga penduduk setempat. Semua korban  dilarikan ke RS Yarsi dan RSUD Padang Panjang. ”  data korban luka dan pengendara motor masih diidentifikasi” ujar Kasat Lantas Dedi Antonis.

Laka yang terjadi pada pukul 22.50 WIB, Kamis malam itu, membuat warga sekitar TKP shock. Ada warga yang mengaku melihat truck seperti hilang kendali dari arah atas (Bukittinggi-red). Baru saja dia berteriak ada mobil putus rem, terdengar dentuman keras  truck  menghantam  bus  yang  membawa  santri dari  Riau itu. Bus kemudian nyungsep ke riol jalan dan  menabrak sebuah rumah  sebelah kiri di tepi jalan.

Di TKP, kedua bangkai mobil berikut bangunan yang terdampak, banyak menjadi perhatian oleh pelalu lalang, lebih lagi bangkai truck yang rebah kuda, roda copot, dan sebagian  bodinya  tertutup tumpukan material bangunan. Sementara petugas dan masyarakat tampak ramai bahu membahu dalam mengevakuasi korban dan kendaraan.  Satlantas Polres Padang Panjang  tak henti hentinya menghimbau agar  semua unsur berhati hati dan  bersabar dalam berlalu lintas.

Para korban yang luka ringan, setelah mendapatkan pertolongan tim medis di RSI Yarsi dan RSUD Padang Panjang, sudah diperbolehkan pulang. Hanya dari kalangan  tertentu saja yang boleh melihat para korban.

Laka lalin dengan  No : LP/ A /VII/2021/SPKT/Polres Padang Panjang,  setidaknya menelan kerugian materil Rp. 185 juta itu,  kini  ditangani Polres Padang Panjang dengan mengamankan  sejumlah barang bukti serta  mencatat  keterangan para saksi.

Menurut catatan Spiritsumbar.com, kecelakaan karena  rem blong beberapa kali terjadi di Wilayah Hukum Polres Padang Panjang. Salah satu peristiwa besar itu terjadi 30 Desember 2020  dimana  truck Hino  mengalami rem blong di jalanan umum Padang–Padang Panjang, persisnya di Desa Air Mancur kenagarian Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Waktu itu, 9 buah minibus tertabrak secara beruntun, 1 diantaranya masuk sungai. (Yetti Harni)

 

 

 

 

 

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Padang Lakukan Penyekatan PPKM dari RT Hingga Kelurahan

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV harus diimbangi dengan pengawasan ...