Jumat , 17 September 2021
Depan - Covid19 - TNI dan Tim Saber Illegal Logging (3)
Riyon
Riyon

TNI dan Tim Saber Illegal Logging (3)

Print Friendly, PDF & Email

Dari kajian selama ini ketika semasih ada Dinas Kehutanan di Kabupaten/Kota tahun 2016 kebawah, berbagai upaya dalam penanganan maraknya illeggal logging baik dari tingkat Provinsi Sumbar dan Kabupaen/Kota membentuk Pengamanan Hutan Terpadu artinya terkoordinasi, tetapi apa hasilnya. Ketka tim mau turun kelapangan sudah barangin alias bocor. Disinilah kita harus mengevaluasi langkah dan gerak kedepan dimana titik kelemahan tim sebelumnya upaya dalam pemberantasan illegal harus dengan  inovasi dan keseriusan, tidak sekedar menghabiskan uang pemerintah.
Artikel Lainnya

loading…


Penanganan illegal logging dalam pembentukan tim harus terselubung/mesterius dilibatkan TNI/Polri, ada suatu komando ketika turun ke lapangan harus saat itu/dadakan tidak memakai jadwal kapan tim harus turun. Cukup satu komando saja kapan saatnya harus bergerak secara terpadu.

Sebagai gambaran aktifitas illegal logging di Ranah Lansek Manis sampai saat ini masih berjalan mulus bagai bara api yang tak kunjung padam. Bahkan di daerah Banjar Tengah diduga kayu illegal juga merajalela belum lagi shaw mil illegal juga ada.

Yang sangat dikuatirkan di daerah sekitar Unit Penempatan Transmigrasi (UPT) SP 1. Padang Tarok dengan jarak 14 Km dari Nagari Padang Tarok Kec Kamang Baru, yang secara topografinya daerah tersebut adalah daerah pegunungan bukit barisan  kawasan hutan Rimbo Lisun.Ada dugaan kawasan ini akan porak poranda terdegradasi hutannya oleh aktifitas illegal logging.

Apakah pihak Dishut Prov Sumbar sudah melakukan identivikasi tentang keberadaan hutan disekitar UPT SP 1 Padang Tarok?  Daerah Rimbo Lisun yang perbatasannya dengan Prov Riau kaya akan keanekaragaman hayati baik flora dan fauna. Tentu harus terfikirkan dan terselamatkan keberadaannya ke depan. Jangan ssampai musnah akibat perambahan kawasan hutan penyangga ini. Keanekaragaman hayati merupakan aset negara yang tak bisa dipungkiri  harus dipertahankan keberadaannya.

Kalau permasalahan-permasalahan illegal logging khusus di Kab Sijunjung  tugas berat ini dibebankan kepada Kepala UPT Dishut Prov Sumbar Wilayah V di Kab Sijunjung (KPHL V Kab Sijunjung) Terra Dharma S.Hut.MM dan jajarannya dengan Polhut yang 9 orang  sangat mustahil mangkus menuai keberhasilan dan paling hanya berusaha dan berusaha susai kemampuannya menjalankan tugas.

 

Halaman

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pasien Covid Bertambah 53 Orang, Petinggi ISI Dilepas Dengan Linangan Air Mata

Padang Panjang, Spiritsumbar.com— Kotanya kecil ( 23 KM2),  tapi pertambahan warga terkonfirmasi covid-19 di Kota ...