Depan - Pendidikan - Artikel - Tips dan Trik Menghadapi AKM
Eliga Fitria
Eliga Fitria

Tips dan Trik Menghadapi AKM

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Eliga Fitria (Guru SDN 07 Pandam Gadang)

Mulai tahun 2021 Ujian Nasional (UN) diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter (SK). Hal ini dinyatakan secara resmi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti), Nadim Makarim. Materi yang diujikan dalam Asesmen Kompetensi Minimal ( AKM) adalah literasi membaca dan numerasi.
Dalam menghadapi AKM ini perlu dilakukan persiapan oleh berbagai Pihak.

Pihak pertama yang harus mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan AKM adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Kemdikbud Dikti).

Kementerian harus menyiapkan regulasi dan peraturan peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan AKM.

Sebagai perpanjangan tangan dari kementerian, dinas pendidikan bertanggung jawab untuk memberikan pengarahan dan bimbingan teknis pelaksanaan AKM ke Sekolah yang berada dibawah naungannya.

Pihak sekolah sebagai bagian yang terlibat langsung dalam pelaksanaan AKM harus mempersiapkan diri untuk mensukseskan pelaksanaan AKM.

Beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan pihak sekolah dalam menghadapi AKM. Diantaranya,
Trik Pertama, sebaiknya sekolah melakukan pemetaan kompetensi guru.

Kompetensi guru sangat berpengaruh dalam proses dan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang memiliki kompetensi yang baik tentu akan menghasilakan siswa yang memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi

Trik kedua yang dapat dilakukan sekolah adalah dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan kompetensinnya dalam mempersiapkan proses pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat tinggi.

Resnick (1987) dalam tulisannya menyebutkan Pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu adalah pembelajaran yang melibatkan 3 aspek yaitu; Transfer of knowledge, Critical and Creative, dan Problem Solving. Ketiga aspek diatas berguna untuk melatih dan meningkatkan daya nalar siswa.

Trik ketiga adalah menegembangkan kemampuan guru dalam menggunakan IT dan memberikan fasilitas kepada guru untuk dapat mengakses segala bentuk informasi yang berhubungan dengan isu isu aktual. Tentu saja hal ini sangat berhubungan dengan Konten AKM Literasi membaca yang terdiri dari teks informasi dan teks sastra.

Trik keempat yang dapat dilakukan sekolah adalah dengan memotivasi guru untuk melakukan perubahan terhadap proses belajar Sehingga dapat mengoptimalkan gaya belajar dan delapan kecerdasan siswa sebagaimana kebijakan  Kemendikbud dengan konsep merdeka belajarnya. Guru diberi peluang untuk melakukan inovasi dan kreativitas dalam mengelola PBM.

Trik terakhir sekolah harus mampu menyediakan fasilitas. Agar terciptanya budaya literasi di sekolah. Tidak hanya terfokus pada membaca dan menulis. Akan tetapi juga dapat mengembangkan literasi finansial, sains, numerasi, digital budaya, dan kewarganegaraan. Selain sekolah guru juga memilki peran penting dalam pelaksanaan AKM.

Beberapa trik yang dapat dilakukan guru dalam menghadapi AKM adalah. Pertama guru harus meningkatkan kompetensi demi menciptakan pembelajan yang berorintasi pada keterampilan berfikir tingkat tinggi.

Kedua guru harus merencanakan pembelajaran berbasis HOTS . Ketiga guru harus mengasah kemampuan dalam membuat soal HOTS. Selain itu guru juga harus membiasakan siswa dengan soal soal HOTS.

Disamping itu untuk menunjang pelaksanaan AKM guru harus mau meningkatkan kemampuan di bidang IT, karena pelaksanaan AKM dilaksanakan dengan berbasi CAT.

Walaupun pihak sekolah beserta guru telah berupaya memaksimalkan persiapan pelaksanaan AKM, semua itu tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan tanpa adanya kerjasama dan usaha dari siswa.

Berikut ini trik yang dapat dilakukan oleh siswa dalam menghadapai AKM:
Pertama peserta didik mempersiapkan rencana belajar serta pengaturan waktu belajar.

Kedua peserta didik harus mengulang pelajaran. Pengulangan pelajaran dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan serta membuat ringkasan dari topik pembelajaran yang terkait.

Selain itu untuk mengatasi kejenusan pengulangan pelajaran dapat dilakukan dengan memvariasikan materi. Seringlah mengikuti Try Out online dan serius untuk megikuti Simulasi AKM yang dilaksanakan sekolah serta tidak lupa beribadah sesuai agama dan keyakinanmu.

Terakhir jangan lupa jaga kesehatan dengan mengatur waktu istirahat, menjaga pola makan dan berolahraga teratur.  Dengan mengikuti tips dan trik diatas diharapkan pelaksanaan AKM dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan membuahkan hasil yang diharapkan.

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

BazNas Padang Panjang Salurkan Modal Usaha Berupa Barang

Padang Panjang, Spiritsumbar – BAZNas Kota Padang Panjang menyerahkan zakat senilai Rp 227,8 juta kepada ...