Minggu , 26 September 2021
Depan - Headline - Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 Tahun 2018
Pemain Timnas Indonesia, Septian David Maulana saat menguasai bola (foto PSSI)
Pemain Timnas Indonesia, Septian David Maulana saat menguasai bola (foto PSSI)

Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 Tahun 2018

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Sidoarjo – Melalui perjuangan yang melelahkan, akhirnya Tim Nasional (Timnas) Indonesia meraih juara Piala AFF U-16 tahun 2018.

Keberhasilan Indonesia ditentukan melalui adu penalti dalam babak final dengan mengalahkan Thailand dengan skor 4-3 (1-1) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam.

Pada laga ini, kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. Indonesia unggul terlebih dahulu melalui Fajar Faturachman pada menit ke-32. Namun, Thailand berhasil menyamakan kedudukan 1-1 di babak kedua lewat Apidet Janngam pada menit ke-71.

Dalam pertandingan tersebut Timnas Indonesia tampil dominan sejak kick-off. Namun, banyak peluang yang gagal dimanfaatkan anak Garuda Asia.



Gagal menerobos pertahanan Thailand, Pelatih Fakhri Husaini berupa merubah strategi dengan menarik keluar Amanar Abdillah dan mengganti dengan Fajar Fathur Rachman pada menit ke-17.

loading…


Strategi ini cukup mumpuni, Fajar berhasil menjebol gawang Thailand setelah memanfaatkan umpan dari Andre Oktaviansyah. Indonesia pun unggul 1-0. Hasil ini bertahan sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia terus melakukan tekanan. Malahan, gempuran pemain Indonesia beberapa kali membahayakan Thailand, namun gagal dikonversi menjadil gol.

Malahan, Indonesia yang kebobolan melalui Apidet Janngam di menit ke-73. Hasil 1-1 tak berubah sampai pertandingan berakhir.

Tonton Video Polisi halau Suporter Semen Padang saat menghadapi PSIR Rembang

Dalam babak tos tosan, Penjaga Gawang, Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi berhasil menepis dua tendangan pemain Thailand. Sedangkan, empat algojo Indonesia mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Para pemain Indonesia langsung bersorak gembira begitu Ernando berhasil memblok bola tendangan kelima pemain Thailand. Sebelumnya, Ernando juga berhasil menghadang tendangan pertama pemain negeri gajah putih tersebut.

Dengan skor 4-3 (1-1), Timnas Indonesia berhak meraih juara Piala AFF U-16 untuk pertama kalinya sejak digelar dari tahun 2002. (Salih)



Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...