Minggu , 26 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Tim TRC Pol-PP Padang Panjang Juga Siap Tangkap Ular Kobra
Kadis Pol-PP Padang Panjang, Drs.Alber Dwitra, MM
Kadis Pol-PP Padang Panjang, Drs. Alber Dwitra, MM

Tim TRC Pol-PP Padang Panjang Juga Siap Tangkap Ular Kobra

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spirit Sumbar – Tim reaksi cepat (TRC). Itulah 1 dari 3 jenis inovasi kegiatan di Dinas Polisi Pamong Praja [Pol-PP] Kota Padang Panjang sejak 2020. Kegiatan TRC lebih fokus ke upaya pemberian bantuan penyelamatan warga dari bencana kebakaran, bencana alam, kecelakaan dan hewan buas.

Dua bentuk inovasi lain, Kepala Dinas Pol-PP Kota Padang Panjang, Alber Dwitra, menyebut kepada Spirit Sumbar, Senin lalu (23/8), yakni Pol PP wanita mengingatkan kaum pria di pasar agar pergi Shalat Jumat ke Masjid dan menjaga keamanan/ketertiban pelaksanaan Shalat Jumat.

Tim TRC memiliki 20 orang anggota, semua pria (laki-laki). Mereka terdiri dari anggota pemadam kebakaran (Damkar) 10 orang, dan dari Trantibum 10 orang. Mereka ini punya kemampuan relatif memadai dalam memberi bantuan penyelamatan orang.

Di antaranya, menangkap ular kobra, mengusir lebah dari sarangnya secara aman, naik/turun ngarai dengan tali untuk menyelamatkan orang, penyelamatan orang dari bencana kebakaran, bencana  alam (gempa bumi & longsor) dan kecelakaan.

Sebab, mereka itu menurut Albert, direkrut dari orang-orang yang memang memiliki keterampilan, keberanian dan kemampuan tergolong spesifik. Kemudian, setelah masuk, kemampuan mereka itu ditunjang dengan mengikutkannya ke berbagai diklat (pendidikan dan latihan) terkait.

Warga, kata Alber, silahkan menghubungi TRC bila butuh bantuan penyelamatan terkait dengan berbagai kejadian tadi. Kontak komunikasi terdiri telp 0752 82113, hand phone (HP) 082384610113 dan handie talkie 141130 MHz.

Jam operasional TRC Dinas Pol –PP Padang Panjang menurut Alber adalah 24 jam. Karena itu sistem kerja mereka dibagi dua shift, siang dan malam hari. Sejalan itu, petugas piket di call centre mesti selalu ada. Sebab, begitu ada permintaan bantuan, piket harus cepat beritahu TRC untuk segera turun ke lapangan.

Dalam usianya 1,5 tahun lebih, cukup banyak peristiwa di lapangan yang dibantu penyelamatannya oleh TRC Pol-PP Padang Panjang. Di antaranya, penangkapan ular kobra yang masuk rumah warga, membantu pencarian orang yang tersesat di hutan, membantu penanggulangan bencana alam, dan lainnya.(yet/jym).–

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Cabor Gantole, Sumbar Unggul 2 Ronde di Kategori Ketepatan Mendarat

SPIRITSUMBAR. com, – Sempat tertunda karena cuaca buruk pada pertandingan awal cabang olahraga (Cabor) Gantole ...