Depan - Berita Pilihan - Tim Ahli Unand, Gedung di Padang Panjang Dibangun Vertikal
Rusunawa Sungai Andok, solusi perumahan di Panjang Panjang
Rusunawa Sungai Andok, solusi perumahan di Panjang Panjang

Tim Ahli Unand, Gedung di Padang Panjang Dibangun Vertikal

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spirit Sumbar – Karena lahan kosong sudah minim, tim ahli KLHS dari Unand Padang memberi beberapa rekomendasi pola pembangunan fisik kota di Padang Panjang ke depan. Di antaranya, pertama, pembangunan gedung perkantoran, sekolah/PT, hotel dan pertokoan dibuat bertingkat (vertikal).

Sejalan itu, pemenuhan kebutuhan perumahan warga kota hendaknya dibuat pola Rusunawa/mi untuk warga ekonomi menengah ke bawah, apartemen (menengah ke atas).

Kedua, rencana pembangunan jalan tol Padang–Pekanbaru yang melintasi areal pertanian di Padang Panjang dibuat melayang (fly over).

Pandangan tim ahli KLHS dari Unand itu tertuang dalam rekomendasinya terkait draf revisi Perda No.3/202013 tentang RTRW Kota Padang Panjang, seperti terungkap dari bincang Spirit Sumbar dengan Kepala Dinas PU setempat, Welda Yusar dan Kabid Tata Ruang PU, Rinayati di kantornya, beberapa hari lalu.

 Dimulai 2020, penyiapan revisi Perda RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Kota Padang Panjang itu kini berada di tahap pengintergrasian dengan rekomendasi tim ahli KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis) dari Unand tersebut. Nanti, hasilnya akan dibawa ke Dinas LH Sumatera Barat untuk divalidasi.

Rekomendasi tim ahli KLHS dari Unand terkait revisi Perda RTRW Padang Panjang itu menurut Nanda, sapaan Welda Yusar, ada sejumlah point. Dua point di antaranya terkait upaya efisiensi pemakaian sisa lahan kosong tadi. Di luar itu antara lain terkait pengelolaan sampah dan daerah sempadan sungai.

Welda Yusar, Kadis PU Padang Panjang (close up)
Welda Yusar, Kadis PU Padang Panjang (close up)

Yang sangat menarik dari rekomendasi tim ahli KLHS Unand pimpinan Prof.Ardanis itu adalah dua pandangan terkait upaya efisiensi lahan. Sebab, Kota Padang Panjang dengan luas hanya 23 KM2 (versi peta PPDA) atau 29,17 KM2 (versi peta Jantop-RI), sisa lahan kosong yang relatif layak dibangun sudah sangat minim.

Berdasarkan data di draf revisi Perda RTRW Kota Padang Panjang, sisa lahan kosong di Kota Padang Panjang sekarang tinggal sekitar 1.600 Ha. Itu terdiri dari, pertama areal sawah sekitar 630 Ha (versi peta Jantop atau 587 Ha (versi peta PPDA); kedua, areal ruang terbuka hijau (RTH) sekitar 960 Ha.

Khusus terkait areal RTH 960 Ha, itu lebih banyak kawasan lindung (hutan penyangga) dengan topografi sebagian dengan kemiringan 65 derajat lebih, sebagian lembah dan bukit. Sisanya, tegalan dan hutan milik rakyat. Praktis, secara kontur tanah tidak banyak yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pembangunan fisik kota.

Makanya, kemunculan wacana agar pola rancang bangunan gedung di Padang Panjang dikembangkan jadi bertingkat terus menguat sejak 2000. Begitu juga ide pembangunan Rusunawa/mi (Rumah Susun Sewa/hak milik) bagi warga ekonomi menengah ke bawah, apartemen (menengah ke atas).

Salah satu bukti menguatnya wacana tadi, Pemko Padang Panjang sudah menerbitkan Perda No.4/2016 tentang izin bangunan gedung yang membolehkan sampai 8 (delapan) lantai. Perda Izin Bangunan Gedung sebelumnya hanya diizinkan sampai 3 lantai. Bukti lain, Rusunawa 5 lantai berdiri di Sungai Andok, kota ini.

Izin bangunan gedung sampai 8 lantai itu, masih di bawah rekomendasi pakar geoteknologi dari Unand, Prof.Abdul Hakam yang menyebut di kota ini bisa membangun sampai di atas 10 lantai. Syaratnya menurut Hakam, peria kelahiran Padang Panjang itu, ikuti secara konsisten petunjuk ilmu konstruksi modern.

Sementara rekomendasi pembangunan jalan tol melayang (fly over) di atas lahan sawah, jelas sebuah inovasi cerdas untuk hemat lahan dan peduli pertanian. Sebab, sawah yang akan terpakai hanya untuk tiang-tiang penyanggah jalan tol. Sedang sawah di bawah bentangan jalan tol itu bisa dipakai untuk pertanian, seperti padi dan sayur.(jym/yet).-

 

 

 

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Heranof : Koperasi JPS Miliki Potensi Besar

SPIRITSUMBAR.com, Padang -J aringan Pemred Sumbar (JPS)a dakan buka puasa bersama untuk memperkuat silaturahmi di ...