Beranda - Sumbar - Agam - Taslim Dt. Tambogo Calon Bupati Agam, Siapakah Dia ?
H. Taslim Dt. Tambogo
H. Taslim Dt. Tambogo

Taslim Dt. Tambogo Calon Bupati Agam, Siapakah Dia ?

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Saribulih (Sumando Agam)

Walau bukan berasal dari kalangan tentara, tapi Taslim Dt Tambogo itu merupakan ahli strategi dan diplomasi. Hal itulah yang saya rasakan selama mengenal Anggota DPR RI periode 2009 – 2014 tersebut.

Strategi sangat penting untuk mendesain pembangunan suatu daerah. Karena dengan strategi yang matang, pembangunan bisa dilaksanakan secara terencana, terukur untuk mencapai hasil yang optimal.

Diplomasi juga sangat dibutuhkan, demi menyatukan potensi yang ada. Agar semua pihak berkontribusi untuk saling membahu demi menggapai tujuan yang telah ditetapkan.

Awalnya, saya tidak begitu yakin, Taslim Dt. Tambogo bakal dipinang oleh Partai Gerindra untuk maju di Pilkada Agam. Hal itu, dasari darah Mantan Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah itu sangat biru pekat. Bahkan, sangat pekat. Walau beberapa kali ditelikung oleh para pendatang baru, dia masih berupaya untuk bertahan.



Dia telah malang melintang di percaturan politik Sumbar melalui PAN. Karir Taslim Dt. Tambogo benar benar dari bawah. Berawal dari underbow (organisasi sayap), yakni Ketua Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Provinsi Sumatera Barat periode pertama. Dan saya merupakan sekretarisnya.

Mantan Ketua Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Sumbar ini sangat bersinar sebagai Anggota DPRD Sumbar. Selalu dipercaya sebagai Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar. Sementara, di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dia selalu didapuk sebagai Ketua Komisi. Saat ditempatkan di Komisi II, dia juga sebagai ketua. Diroling ke Komisi III, eh malah juga dipercaya sebagai ketua.

Sekedar diketahui, pemilihan pimpinan AKD dilakukan oleh semua fraksi atau partai yang ada di lembaga tersebut. Artinya, Taslim Dt. Tambogo mampu merangkul semua partai politik yang ada di DPRD Sumbar. Suatu diplomasi yang luar biasa bagi Taslim Dt. Tambogo yang waktu itu masih belia.

Kadang kadang saya, hanya bisa tersenyum melihat kepiawaian Putra Baso, Kabupaten Agam ini setiap kali melakukan diplomasi politik. Kami dan beberapa kawan memang sering nongkrong sambil berdiskusi. Beberapa warung kecil di Kota Padang, sudah sangat hafal wajah Taslim, lantaran kami selalu jadi tamu penutup bagi warungnya.

Suatu hal yang menarik di warung tersebut, Taslim Dt. Tambogo selalu terbuka dan menceritakan kepada rekan rekan atas kinerja di DPRD Sumbar. Maka, jadilah sumber berita bagi para rekan rekan, yang memang sebagian besar berprofesi sebagai wartawan.

Malahan, kadangkala, Taslim Dt. Tambogo tak segan-segan mengajak para pakar akademik, LSM, tokoh masyarakat dan kepala OPD untuk berdiskusi dan sebagai penyeimbang berita para kawan wartawan.

Maka wajar saja Taslim Dt. Tambogo dengan gampang melenggang ke DPR RI pada periode berikutnya. Perlu diketahui, suara yang dikalahkan bukan orang sembarangan. Ada artis terkenal dan politisi terkenal di level nasional. Sementara, Taslim Dt. Tambogo hanyalah politisi lokal yang siap berkiprah untuk level nasional. (Bersambung)

Tip & Trik

loading…


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

50 ASN Lakukan Pelanggaran Netralitas di Pilkada 2020

SPIRITSUMBAR.COM, Padang – Sebanyak 50 Aparatur Sipil Negara (ASN) terjebak pelanggaran netralitas pemilihan kepala daerah ...