Beranda - Berita Pilihan - Tanpa Pilkada, KPU Padang Tetap Rapikan Data Pemilih

Tanpa Pilkada, KPU Padang Tetap Rapikan Data Pemilih

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Kota Padang adalah salah satu daerah yang tidak menggelar Pilkada Serentak 2020. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang tetap melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra mengatakan tahapan Coklit tetap dilaksanakan guna memastikan dan merapikan data pemilih untuk Pilkada Sumbar

“Meski kita di Padang tidak ada pemilihan walikota dalam Pilkada Serentak 2020 ini, tapi tahapan Coklit tetap kita laksanakan guna memastikan dan merapikan data pemilih untuk Pilkada Sumbar,” ujar Riki dalam sambutannya saat membuka Diskusi Sosialisasi Pilgub Sumbar 2020, Lindungi Hak Pilihmu, di Cafe Kupi Batigo, Padang, Rabu (29/7/2020) .

Untuk pemutakhiran data pemilih, lanjut Riki, KPU Kota Padang merekrut 1.936 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang disebarkan untuk 104 kelurahan di Kota Padang. Petugas akan mengunjungi rumah pemilih satu persatu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, karena kegiatan ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

“Petugas yang mengenakan APD lengkap, akan mendatangi semua rumah penduduk guna mencocokkan dan memperbaharui data pemilih, sehingga tidak ada lagi nantinya pemilih yang tidak terdata, atau pemilih yang sudah meninggal masih terdata sebagai pemilih.

“Saat ini tercatat 653.571 pemilih di Kota Padang. Setelah dilakukan coklit nantinya, maka akan muncul data jumlah pemilih yang sudah tetap untuk Pilkada Sumbar 9 Desember 2020 mendatang,” ujar Riki.

Gerakan Coklit dimulai sejak 15 Juli dan berlangsung hingga 13 Agustus 2020 mendatang. Karena itu, Riki sangat berharap masyarakat untuk dapat menerima petugas dengan baik agar proses pemutakhiran data pemilih dapat berjalan dengan baik demi suksesnya Pilkada Sumbar 2020.

“Tahapan Coklit ini merupakan tahapan krusial, karena menyangkut hak konstitusi warga negara. Apalagi untuk memperbaharui data pemilih yang sudah meninggal atau calon pemilih yang pada pilkada ini sudah cukup umurnya sebagai pemilih pemula,” ungkap Riki.

Selain itu, tambah Riki, saat ini KPU Padang juga tengah melakukan tahapan perbaikan, setelah melakukan verifikasi faktual calon perseorangan Cagub/cawagub Sumbar.

“Khusus untuk tahapan verifikasi dukungan calon perseorangan, telah selesai kita lakukan. saat ini tinggal menunggu tahapan perbaikan dukungan dari paslon perseorangan, semoga semua proses ini berjalan dengan lancar,” pungkas Riki.

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Simpan Sabu dan Ekstasi Dalam Kotak Rokok, Dua Pemuda pengangguran Diringkus Polisi

Spiritsumbar.com,Solok– Satuan Resnarkoba Polres Solok Kota  meringkus dua pemuda pengangguran yang menyimpan Narkotika jenis sabu ...