Kamis , 23 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Tak Mau Mengurus Izin, Rumah Itupun Disegel
Penyegelan pada salah satu rumah yang belum memiliki IMB - Widiat/Spirit Sumbar

Tak Mau Mengurus Izin, Rumah Itupun Disegel

Print Friendly, PDF & Email




Spirit Sumbar – Setelah diberi peringatan dan waktu, namun sang empunya tak menhiraukan, akhirnya sebuah bangunan rumah tinggal dan kedai di segel.

Rumah di Kelurahan Balai Jariang, Koto nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh  Utara, disegel Tim Penertiban Bangunan (TPB) bentukan Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (DTRK)  Payakumbuh, Kamis (3/12/2015). Penyegelan bangunan tanpa IMB itu dipimpin langsung oleh Kepala DTRK Elfi Jaya, ST.

Era pemilik rumah yang disegel itu, sudah diberi teguran (SP-4)  dan disurati oleh TPB Payakumbuh, sejak Mei lalu. Namun, hingga dilakukan penyegelan, yang bersangkutan tidak mengindahkannya dan belum punya niat mengurus izin mendirikan bangunannya. Harusnya, pemilik bangunan, pasca dikeluarkan SP-4,  dalam rentang waktu 7 x 24 jam harus mengurus IMB.

“Tak ada niat bagi pemko melakukan penyegelan, sepanjang pemilik bangunan bersedia memenuhi ketentuan. Ini, sesuai dengan Perda  Payakumbuh Nomor 16 Tahun 2011, tentang Bangunan dan Perwako Nomor 100 Tahun 2014, tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan Bangunan. Setelah disegel, pemilik rumah dilarang melakukan aktifitas pembangunan, sebelum menyelesaikan kewajibannya,” sebut Kepala DTRK Elfi Jaya didampingi Kabid Pengendalian Pengawasan Suhatril dan Kasi Penertiban Usrizal Nasir.

Dikatakan, sepanjang Kamis (3/12/2015), rencananya ada tiga bangunan yang akan disegel. Tapi, karena pemiliknya sudah melakukan pengurusan IMB ke Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, akhirnya TPB urung melakukan penyegelan.

TPB Payakumbuh itu, terdiri dari unsur  Satpol PP,  Polsek, Koramil 01, Danpos, Bagian  Hukum Setdako. Saat penertiban dihadiri langsung oleh  Camat Payakumbuh Utara dan Lurah Balai Jariang.

WIDIAT

Lebih Lengkap, di:

The Public Edisi 05/Th. III/ 07 - 14 Desember 2015 (Terbit Tiap Senin)
The Public Edisi 05/Th. III/
07 – 14 Desember 2015
(Terbit Tiap Senin)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...