Sabtu , 18 September 2021
Depan - Pendidikan - Artikel - Supervisi di Masa Pandemi Covid 19
Sukirman
Sukirman

Supervisi di Masa Pandemi Covid 19

Print Friendly, PDF & Email

Dengan adanya keputusan yang mensyaratkan siswa dan guru melakukan pembelajaran dari rumah maka kepala sekolah harus mampu menularkan semangat perubahan kepada guru, siswa, dan orangtua secara cepat dan akurat.

Kegiatan supervisi akademik di sekolah merupakan upaya pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru dalam upaya meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran, serta untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif (Mulyasa, 2011).

Supervisi di masa pandemi Covid -19 dilakukan pendekatan supervisi klinis. Supervisi klinis adalah mengembangkan kemampuan guru agar dapat bertanggung jawab terhadap kinerja guru dan terbuka kepada orang lain.

Supervisi klinis dilakukan dalam proses tatap muka yang memungkinkan kepala sekolah dan guru bersama-sama membahas dan menganalisis masalah pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di rumah (PJJ). Pelaksanaan supervisi klinis dilakukan dengan mempersiapkan dokumen untuk menentukan skala prioritas dan menyiapkan instrumen pengamatan.



Selain itu juga melakukan koordinasi dan membuat kesepakatan tempat, waktu, cakupan materi yang diobservasi, strategi pengamatan maupun kriteria penilaian yang akan dilaksanakan.
Salah satu bentuk kegiatan supervisi klinis yang dapat dilaksanakan pada masa pandemic ini adalah pada saat guru mengajar di laboratorium komputer melalui Zoom selama 2 x 30 menit.

Pengamatan dilaksanakan dengan menggunakan instrumen, strategi, dan kriteria yang telah disepakati. Fokus pengamatan mulai kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiaatan penutup dan setelah selesai ditindaklanjuti dengan refleksi dan klarifikasi.

Setelah supervisi klinis dilaksanakan, kemudian hasil supervisi dianalisis. Hasil analisis tersebut kemudian dikoordinasikan dengan guru guna mendapatkan tanggapan.
Tahap ini disebut tahap tindak lanjut berupa refleksi atau klarifikasi. Apabila ada keberatan dari guru yang disupervisi, maka klarifikasi dan refleksi ditunda pada kesempatan yang lain.

Melalui supervisi klinis tersebut, program supervisi kepala sekolah dapat terlaksana dengan baik. Hasil evaluasi supervisi kepala sekolah diyakini mampu meningkatkan kinerja guru-guru di masa pandemi Covid-19.

Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan supervisi klinis di masa Covid-19 cukup efektif. Guru menjadi semangat dalam mempersiapkan pembelajaran jarak jauh, sehingga kinerja meningkat walaupun dilaksanakan secara daring.

<<< Sebelumnya

>>>Selengkapnya

Tip & Trik

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Supardi bersama 4 Remaja Parlemen asal Sumbar

Supardi Beri Dukungan, 4 Siswa Sumbar Ikut Parlemen Remaja

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Supardi dukung ...