Beranda - Covid19 - Suka Duka Petugas Posko Covid-19, Antara Dicaci dan Dikasihi

Suka Duka Petugas Posko Covid-19, Antara Dicaci dan Dikasihi

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Makin tak terkendalinya, penyebaran virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kota Padang mengambil langkah menutup arus masuk ke Kota Padang di Jalan Adinegoro, Kayu Kalek.

Hal ini bertujuan mengantisipasi dan memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19 di Kota Padang.

Namun, penutupan di batas Kota Padang dengan Kabupaten Padang Pariaman ini menimbulkan kekecewaan yang berujung rasa kesal bagi para pengemudi. Alhasil, para petugas yang berada di lokasi tersebut menjadi sasaran caci maki.



Para pengemudi seperti tak terima, lantaran harus  berbalik arah. “Mestinya penutupan bukan disini, tapi di persimpangan Duku. Jadi kita tahu dan menghabiskan waktu,” ujar salah seorang pengemudi yang enggan ditulis namanya, Sabtu (4/4/2020)
Artikel Lainnya

loading…


Ifendi salah seorang petugas di posko perbatasan tersebut sudah terbiasa menerima gerutuan para pengemudi. Namun, ujarnya banyak juga masyarakat yang peduli dengan para petugas dengan memberi makanan ringan. “Sebentar ini, ada yang mengasih roti,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Barlius mengatakan saat ini telah dibuat posko pemeriksaan di beberapa titik perbatasan Kota Padang. Diantaranya di Jalan Adinegoro Kayu Kalek berbatasan dengan Kabupaten Padang Pariaman, lalu di Jalan By Pass Anak Aie, di Lubuk Paraku arah masuk dari Kabupaten Solok dan di Bungus Teluk Kabung arah berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan,” ujar Barlius Jumat (3/4/2020).

Selain itu sebut Barlius, saat ini juga telah dilakukan penutupan jalan di simpang Jalan Raya Lubuk Begalung dan Jalan Sutan Syahrir Mata Air oleh Dinas Perhubungan. Tujuannya guna melakukan pemeriksaan bagi setiap kendaraan yang akan masuk ke pusat kota.

“Alhamdulillah, sejak diberlakukannya pembatasan di beberapa titik pintu masuk ke Kota Padang, masyarakat setempat yang berada di sekitar posko perbatasan juga terlihat cukup arif dan ikut berperan membantu petugas di perbatasan” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Jumat (3/4/2020) sekitar pukul 15.00 WIB, untuk posko perbatasan di Jalan Adinegoro Kayu Kalek berjalan efektif. Adapun petugas yang berjaga di posko perbatasan itu antara lain petugas kesehatan, personil BPBD, Sat Pol PP serta TNI-Polri dan organisasi kemasyarakatan setempat yang juga ikut membantu.

Barlius pun juga mengatakan dalam pelaksanaannya pun petugas juga ikut didukung Tagana dan Kelompok Siaga Bencana (KSB) serta berbagai komponen masyarakat dan masyarakat sekitar di posko perbatasan tersebut.

“Mulai dari ada yang ikut membantu pekerjaan dari petugas, sampai kepada pemberian bantuan berupa makanan, minuman, bahkan masker serta kebutuhan lainnya. Alhamdulillah kita tentu berterima kasih banyak atas kepedulian masyarakat dalam hal ini. Hampir di semua posko perbatasan didapati hal yang sama,” sebutnya.

“Seperti di posko perbatasan Kayu Kalek ini kita kan menumpang sementara di depan rumah warga dan bahkan untuk fasilitas tenda dan lampu juga difasilitasi sama mereka,” terangnya.

Sementara itu, Fitri (45) salah seorang warga yang tinggal tidak jauh dari posko perbatasan di Jalan Adinegoro Kayu Kalek terlihat ikut membantu petugas yang berjaga di posko perbatasan. Ia pun tampak memberikan bantuan berupa makanan dan minuman kepada petugas.

Sementara hal yang sama juga dilakukan Yudi (53), ia juga ikut membantu petugas mengarahkan bus yang akan masuk ke Padang melewati jalur Jalan Adinegoro tersebut.

“Kita membantu ini spontan yang tujuannya untuk kita semua juga. Agar pekerjaan pemeriksaan ini maksimal dan masalah penyebaran wabah covid-19 dapat ditangani secara baik,” tuturnya sewaktu ditemui dikesempatan itu. (Salih/rel)



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Jumlah Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Solok Meningkat

Spiritsumbar.com,Arosuka – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Solok setiap hari terus menunjukan peningkatan. Hari ...