Depan - Headline - SMA 1 Pariaman Gelar Pelatihan Menulis
Para guru serius mengikuti pelatihan
Para guru serius mengikuti pelatihan

SMA 1 Pariaman Gelar Pelatihan Menulis

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com  – Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam bidang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), SMAN 1 Pariaman mengadakan pelatihan menulis artikel populer.

Kegiatan dilaksanakan di aula SMAN 1 Pariaman pada hari Jumat, 5 April 2019 bertempat di aula SMAN.1 Pariaman.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Feri Fren dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat.

Menurut laporan Kepala Sekolah Dra. Elfi Junaida, M.Si, yang menjadi latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah karena masih banyaknya guru yang terkendala dalam hal naik pangkat.

Masih banyak guru yang belum bisa melahirkan tulisan dalam bentuk Buku, Penelitian Tindakan Kelas, Modul, Artikel Populer, Best Practice dan lain sebagainya.

Narasumber pelatihan jurnalistik Feri Fren bersama kepala SMA 1 Pariaman
Narasumber pelatihan jurnalistik Feri Fren bersama kepala SMA 1 Pariaman

Untuk naik pangkat, seorang guru diikat dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN&RB) Nomor 16 Tahun 2009 yang diperkuat dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 35 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Dalam peraturan tersebut secara tegas dan jelas dinyatakan, untuk naik pangkat seorang guru harus memperoleh nilai kinerja guru dan nilai Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Kegiatan diikuti dengan penuh semangat oleh guru-guru. Diakhir kegiatan mereka dapat melahirkan artikel-artikel yang berkualitas yang nantinya bisa di terbitkan di media cetak dan elektronik.

Dari artikel populer yang dibuat nantinya guru akan memperoleh kredit point 1,5 untuk naik pangkat bila terbit di media cetak berskala propinsi, dan point 2 bila terbit di media cetak berskala nasional. (Feri Fren)

Tonton Video :

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...