Minggu , 19 September 2021
Depan - Pendidikan - Artikel - Siswa Jaman Now

Siswa Jaman Now

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Fitria Andriani ( Guru SDN 01 Labuah Gunuang, Kec. Lareh Sago Halaban)

Siswa sekarang berbeda sekali dengan waktu kita sekolah dulu ya buk. Dulu kalau kita di tegur guru , pasti kita nurut, tapi sekarang, siswa-siswa kita ini susah sekali kalau di nasehati.

Keluhan-keluhan seperti itu banyak,dirasakan oleh sebagian guru saat ini.

Memang tidak dipungkiri, tingkah polah siswa zaman sekarang jauh berbeda dengan siswa dijaman dahulu. Karena memang jaman dan masanya berbeda.

Anak jaman dulu cenderung lebih pendiam dan penurut. Sedangkan anak-anak jaman sekarang lebih aktif dan atraktif.

Istilah Kids Jaman Now merupakan istilah kekinian yang banyak digunakan untuk menggambarkan tingkah anak-anak jaman sekarang. Kids Jaman Now sering membuat kita kadang ingin tertawa namun kadang juga ingin mengelus dada. Bagaimana tidak, banyak sekali perilaku mereka yang dianggap sudah melewati batas.

Anak SD ada yang sudah berani melawan gurunya. Ada juga yang sudah memiliki akun facebook, instagram dengan postingan-postingan menyerupai orang dewasa. Ada juga yang betah main game ber jam-jam sampai lupa makan dan belajar.

Dulu kalau kita ditanya tentang cita-cita kita, pasti jawabannya : ingin jadi presiden, jadi tentara, jadi guru. Namun anak-anak sekarang kalau ditanya cita-cita, mereka akan jawab ingin jadi youtuber, programmer, web designer dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan IT

Kids jaman Now merupakan generasi milenial yang lahir dan tumbuh di era digital. Keseharian mereka tidak lepas dari gadget, game dan media social.

Hal inilah yang mempengaruhi sikap dan karakter mereka. Sebagai guru, ini merupakan sebuah tantangan berat. Kita tidak bisa menyalahkan kemajuan teknologi. Karena kita tidak mungkin bisa menghambat perkembangan teknologi saat ini.

Kita hanya perlu memposisikan diri, sebagaimana mestinya, kalau anak didik kita tergolong Kids Jaman Now. Kita pun harus menjadikan dan memposisikan diri kita sebagai Guru Jaman Now.

Namun jangan sampai kita salah mengartikan, guru jaman now bukanlah guru yang sukanya berdandan, selfie, update status di media sosial.

Halaman

[ 1 ].  [ 2 ].  [ 3 ]

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...