Minggu , 19 September 2021
Depan - Pendidikan - Artikel - Siswa Jaman Now

Siswa Jaman Now

Print Friendly, PDF & Email

Namun guru jaman now disini adalah guru yang bisa menginspirasi siswanya.

Guru yang bisa menggunakan teknologi untuk bisa masuk ke dunia mereka dengan tetap mengedepankan pendidikan. Serta tetap menjadi guru yang digugu dan ditiru. Lalu bagaimana menjadi guru jaman Now tersebut?.

Pertama: Guru jaman Now harus mampu memahami karakteristik siswanya, karakter siswa sekarang jauh berbeda dengan karakter siswa jaman Old.

Kharakter siswa sekarang ini beragam, diantaranya suka perdebatan, sangat percaya diri, tidak suka di atur dan dilarang-larang. Hal ini harus dipahami guru, karena dengan memahami karakter siswa, maka guru akan lebih mudah menemukan pendekatan seperti apa yang dibutuhkan siswanya. Sehingga pendidikan karakter yang diharapkan bisa tercapai.

Kedua : guru harus melek teknologi, siswa sekarang sudah pintar dalam mengoperasikan berbagai perangkat digital, mereka sangat aware teknologi, maka dari itu guru pun harus mengimbanginya dengan menguasai berbagai keterampilan di bidang IT.

Saat ini peralatan “tempur” guru jaman now bukan lagi spidol dan buku paket, melainkan laptop dan smartphone. Hadirnya guru bersama laptop di dalam kelas, akan meningkatkan marwahnya sebagai seorang guru. Karena dengan menggunakan perangkat digital dalam kegiatan belajar siswa tidak merasa berada diatas angin. Karena ternyata guru nya juga mahir mengoperasikan alat-alat digital.

Selain itu banyak pembelajaran menarik yang bisa dihadirkan oleh guru guna meningkatkan keaktifan siswa. sehingga pembelajaran terasa lebih bermakna dan tepat sasaran.

Ketiga : Guru Jaman Now memiliki kemampuan berkreasi dan berinovasi. Saat ini jaman sudah berubah dan ilmu pengetahuan pun terus berkembang.

Ada banyak hal yang berubah seiring perkembangan zaman, termasuk cara belajar siswa. Generasi sekarang tidak menyukai komunikasi satu arah, mereka menyukai perdebatan.

Oleh karena itu siswa generasi now ini tidak layak disuguhi metode ceramah. Mereka tidak akan suka hanya duduk menyimak guru yang mengajar di depan kelas. Untuk itu guru perlu berkreasi dan berinovasi.

Kreasi guru terlihat dari kepiawaiannya memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Saat ini guru harus memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk melibatkan diri dalam memperoleh pengalaman belajarnya.

Halaman

[ 1 ].  [ 2 ].  [ 3 ]

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...