Beranda - Foto - Silokek di Atas Canvas, Nyaris Seperti Natural
Silokek di atas canvas
Silokek di atas canvas

Silokek di Atas Canvas, Nyaris Seperti Natural

Print Friendly, PDF & Email

“Melukis adalah ilusi, sebuah keajaiban, jadi apa yang Anda lihat bukanlah apa yang Anda lihat.” – Philip Guston

Kanvas adalah media lukis yang memiliki pori-pori yang telah ditutup cat dasar berwarna putih. Media ini lebih sering digunakan untuk melukis dengan cat minyak karena cat minyak butuh ketebalan dalam pewarnaan dan kadang butuh metode palet yang membutuhkan terknik kontruksi pada bidang lukisnya.

Palet pada umumnya sudah memiliki kerangka yang berbentuk persegi dan ada pula yang masih berbentuk gulungan tanpa kerangka.



Bagi Priyono, melukis adalah hobi yang selalu disalurkan setiap waktu senggang. “Walau, kadang – kadang, kita harus fokus untuk menghadapinya,” ujarnya sambil memperlihatkan hasil karya lukisnya.

Lukisan Silokek, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sijunjung
Lukisan Silokek, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sijunjung

Menurut praktisi lingkungan ini, satu lukisan bisa disiapkan dalam jangka waktu 20 hari. ” Inilah 100 persen lukisan Pasir Putih Silokek tinggal ngasih bingkai lagi. Jika fokus, satu lukisan bisa siap 20 hari,” ujar Priyono yang juga memiliki usaha landscap pertamanan ini.

Keindahan lukisan Silokek yang nyaris seperti natural
Keindahan lukisan Silokek yang nyaris seperti natural

Priyono yang juga aktif di dunia pers ini menegaskan melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu.

Menurutnya, medium lukisan sering kali dilukiskan diatas kanvas, akan tetapi pada saat sekarang ini medianya bisa berupa kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan, alat yang digunakan dalam melukispun beragam asalkan dapat memberikan imaji tertentu sesuai dengan media yang digunakan.

“Untuk mendapatkan hasil maksimal, saya sengaja membeli cat dan berbagai peralatan dari Yokyakarta. Ya, Alhamdulillah hasilnya natural. Walau tidak 100 persen, karena yang sempurna itu milik Allah,” ujarnya.



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

MTsN 4 Pasaman Gelar Lokakarya

Spiritsumbar.com, Pasaman – Guna meningkatkan kompetensi pegawai dan guru, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Pasaman, ...