Minggu , 26 September 2021
Depan - Bisnis - Siap Beroperasi, RPH Sumbar Menunggu Teknisi Spanyol
Pedagang daging sapi (foto: biangnews)
Pedagang daging sapi (foto: biangnews)

Siap Beroperasi, RPH Sumbar Menunggu Teknisi Spanyol

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar  – Lama ditunggu warga kota Payakumbuh, akhirnya Rumah Potong Hewan Modern (RPHM), milik UPTD Peternakan Provinsi Sumatera Barat, di Kelurahan Kotopanjang Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, akhirnya beroperasi juga dalam Juli 2016.

Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno bersama Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, me-launching beroperasinya RPHM dimaksud,  Sabtu (2/7/2016), siang.

“Meski terlambat, kita mesti bersyukur dan mengapresiasi Pemprov Sumbar yang terus berjuang, mempercepat proses beroperasinya RPHM dimaksud. Alhamdulillah, Bapak gubernur sudah memastikan akan datang ke Payakumbuh meresmikan RPH modern ini,” kata Riza.

Pembangunan RPHM itu sudah dirancang pemko jauh hari, sejak 2008 lalu, yang merupakan kerjasama Pemprov Sumatera Barat, Kementerian Pertanian, LIPI dengan Pemerintahan Spanyol. Pembangunannya diawali dengan membangun fisik bangunan, dan kemudian disusul dengan pengadaan mesin potong hewannya.

Karena mesin potong hewan merupakan bantuan Spanyol, teknisi yang ada di Sumatera Barat, harus mempelajari lagi untuk melakukan operasionalnya. “Sehingga, memerlukan beberapa perbaikan untuk meletakkan peralatan dimaksud,” jelas Kepala UPTD RPHM Eldakavi.

WBA

IKLAN

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pertamina Komit Kembangkan Kemandirian Ekonomi Mitra Binaan di Tengah Pandemi

SPIRITSUMBAR.com, Teluk Kabung – Pandemi Covid-19 tidak hanya merusak tatanan kesehatan masyarakat. Lebih dari itu, ...