Sabtu , 25 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Semangat Keterbukaan, Wartawan Bukittinggi Bentuk FJKIP

Semangat Keterbukaan, Wartawan Bukittinggi Bentuk FJKIP

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Bukittinggi – Berbekal semangat mendorong terwujudnya keterbukaan informasi publik, segenap wartawan dari berbagai media yang bertugas di Kota Bukittinggi bersepakat mendirikan Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Bukittinggi.

Tidak butuh lama, susunan kepengurusan langsung terbentuk melalui musyawarah mufakat.

Proses pembentukan FJKIP Bukittinggi ini terbilang singkat. Sejumlah wartawan yang sedang beristirahat usai kegiatan liputan harian berbincang tentang informasi kekinian di Kota Bukittinggi, Senin (13/9/2021) siang. Di tengah obrolan santai itu, inisiatif pembentukan FJKIP ini tercetus.

“Banyak informasi yang seharusnya disampaikan ke masyarakat. Tapi belakangan ini justru tersendat. Banyak pejabat publik takut dan enggan saat dikonfirmasi. Wartawan tentunya harus punya terobosan baru agar ini tidak berlarut-larut,” ujar Januar Jamil, wartawan Suarariaupos, sambil menutup layar telepon selulernya.

Mendengar celetukan itu, Komisioner KPU Bukittinggi, Benny Aziz yang mampir untuk memesan segelas kopi justru menimpali. Dia mengusulkan agar dibentuk sebuah wadah organisasi bagi wartawan yang khusus mengadvokasi keterbukaan informasi publik.

“Coba hubungi Komisi Informasi Sumbar. Khabarnya ada perkumpulan wartawan yang sedang hangat untuk dibahas. Usahakan bentuk forum yang mengakomodir seluruh perwakilan wartawan lintas organisasi,” sarannya.

Sekitar lima wartawan yang duduk disekeliling Benny Aziz, langsung mengambil gerak cepat. Langkah awal, dibuatlah sebuah grup Whatsapp. Di grup ini, terkumpul 13 wartawan yang memiliki ide dan semangat serupa.

Seluruhnya bersedia meluangkan waktu untuk lekas berkumpul di Sentra Kuliner Lapangan Kantin, Jalan Urip Sumoharjo. Waktu yang dijanjikan pukul 15.00 WIB.

Setelah seluruhnya berkumpul sesuai waktu yang dijanjikan, rapat pun langsung dimulai. Secara aklamasi, susunan kepengurusan akhirnya disepakati.

Rifa Yanas ditunjuk sebagai Ketua, M Taufik Hidayat dipercaya sebagai Sekretaris, dan Debi Kurnia Putri disepakati sebagai Bendahara.

Selain itu, untuk kepengurusan awal juga dibentuk tiga Koordinator Bidang, diantaranya Bidang Pelatihan dan Pendidikan yang dikomandoi Wahyu Pujiastoto, Bidang Sosialisasi dan Advokasi dipimpin Dina Amrina, lalu Bidang SDM dan Kelembagaan dijabat Januar Jamil.

Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setdako Bukittinggi, Yulman yang mengetahui pembentukan FJKIP Bukittinggi mengapresiasi segenap wartawan. Yulman berjanji akan memberi dukungan penuh selama forum ini demi melayani masyarakat.

“Selama itu di jalan yang baik, dengan niat yang tulus, saya sangat setuju. Semoga segala urusannya dimudahkan,” ujar Yulman lewat sambungan telepon.

Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar Tanti Endang Lestari yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Kota Bukittinggi turut hadir di sela-sela rapat pembentukan FJKIP Bukittinggi tidak kuasa menunjukkan kekagumannya. Tanti memberi apresiasi dan dukungannya kepada FJKIP Bukittinggi.

“Saya salut dengan kekompakan wartawan di Bukittinggi. Jelang siang, saya dapat informasi ada rapat pembentukan FJKIP. Bahkan setelah saya sampai di lokasi ternyata kepengurusan sudah terbentuk, lengkap dengan seluruh berkas-berkas untuk pengajuan SK-nya,” ujar Tanti.

Tanti berharap Kepengurusan FJKIP Bukittinggi selalu dimudahkan untuk menjalankan visi dan misi ke depan untuk memperjuangkan hak publik atas informasi.

“Selamat kepada FJKIP Bukittinggi, semoga ini jadi jalan ibadah bagi para wartawan yang tergabung. Kami dari KI Sumbar sangat menyambut baik dan siap untuk berkolaborasi,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua FJKIP Sumbar, Gusriyono didampingi Sekretaris Zondra Volta mengucapkan Selamat atas terbentuknya pengurus Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kota Bukittinggi.

“Luar biasa sekali, dalam waktu yang sesingkat-singkatnya sudah bisa melengkapi semua formasi dalam kepengurusan. Pokoknya salut dan bangga. In Syaa Allah kami pengurus dari Sumbar akan sesegera mungkin untuk meng SK-kannya biar pergerakannya untuk berbuat lebih cepat,” ucap Gusriyono diamini Zondra.(rel)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PON XX Papua 2021, Kontingen Sumbar : Papua Sangat Kondusif

SPIRITSUMBAR.com, Papua – Kondisi empat kluster kota dan kabupaten pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX ...