Beranda - Berita Pilihan - Selamatkan Ginjal Dengan 4 Makanan Ini

Selamatkan Ginjal Dengan 4 Makanan Ini

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.COM – Ginjal merupakan organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Ekskresi adalah proses pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya.

Ekskresi merupakan proses yang ada pada semua bentuk kehidupan. Pada organisme bersel satu, produk buangan dikeluarkan secara langsung melalui permukaan sel. Organisme multiselular memiliki proses ekskresi yang lebih kompleks misalnya keringat dan urin.

Dalam manusia dewasa, ukuran ginjal sekitar 11 sentimeter panjangnya. Ginjal menerima darah dari sepasang arteri renalis, dan darah keluar lewat vena renalis.

Ginjal merupakan organ yang mudah sekali terkena masalah. Ini disebabkan oleh fungsinys yang sangat vital, yakni, sebagai penyaring makanan. Alahasil, ginjal bisa lebih mudah terbebani akibat racun dan partikel kurang sehat menumpuk didalam ginjal.



Selain itu, perannya juga besar dalam mengendalikan tekanan darah, menyerap nutrisi, maupun menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh.

Namun, kita tidak perlu khawatir, karena ada beberapa makanan sehat yang mampu membersihkan organ ginjal. Makanan berikut ini tidak hanya enak, tetapi juga bisa membantu menghilangkan beragam racun dari organ ginjal. Apa saja makanannya?

Bubur kacang hijau salah satunya. Bubur kacang hijau dapat digunakan untuk detoksifikasi ginjal dengan cara memasaknya menjadi bubur. Bubur kacang hijau mudah dimakan, enak dan bagus untuk ginjal.

Ginjal merupakan organ yang mudah sekali terkena masalah, ini disebabkan oleh fungsi vitalnya yakni sebagai penyaring makanan. Alhasil, ginjal bisa lebih mudah terbebani akibat racun dan partikel kurang sehat menumpuk didalam ginjal. Namun, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa makanan sehat yang mampu membersihkan organ ginjal.

Makanan berikut ini tidak hanya enak, tetapi juga bisa membantu menghilangkan beragam racun dari organ ginjal. Apa saja makanannya? simak ulasannya.

1. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau dapat digunakan untuk detoksifikasi ginjal dengan cara memasaknya menjadi bubur. Bubur kacang hijau mudah dimakan, enak dan bagus untuk ginjal. Makan 2-3 kali seminggu akan bermanfaat bagi kesehatan.

2. Pare

Walaupun pare memiliki rasa pahit, tapi pare memiliki efek yang menyehatkan untuk tubuh pare mengandung nutrisi yang berguna untuk melindungi ginjal dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Buah dari keluarga Berry

Buah stroberi, bluebery, rasbery dan lainnya ternyata sangat bagus untuk menjaga kesehatan ginjal. Buah dalam kelompok ini kaya akan kandungan fitokimia seperti antosianin, polifenol, yang membantu tubuh melawan faktor pengoksidasi, melindungi sel ginjal dari radikal bebas dan proses penuaan.

4. Buah apel

Apel termasuk buah rendah kandungan kalium yang baik untuk ginjal. Apel juga mengandung serat yang cukup tinggi yang berfungs sebagai penurun kadar kolesterol dan glukosa darah.

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Hari Santri, PWNU Sumbar Hadirkan Cak Imin dan Maidir Harun

SPIRITSUMBAR.COM, Padang – Memeriahkan Hari Santri yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, Pengurus ...