Depan - Headline - Seekor Badak Jawa Tertangkap Kamera

Seekor Badak Jawa Tertangkap Kamera

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Jakarta – Seekor Badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) yang tertangkap kamera video trap dengan durasi 2 menit 15 detik di kubangan air terjun Blok Cigenteur Taman Nasional Ujung Kulon.

Hal itu diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar melalui twitternya, Selasa, 30 Juni 2020

Menurutnya, Badak yang tertangkap kamera tersebut berjenis kelamin jantan diperkirakan berusia kurang lebih 7 tahun dan sedang melakukan aktivitas berkubang dan guling-guling di kubangan.



“Aktivitas ini dilakukan badak untuk menjaga suhu dan kelembaban tubuh, pemenuhan mineral, mengurangi parasite dan untuk beristirahat. Biasanya dilakukan setidaknya 2 kali dalam sehari dengan durasi terlama sampai dengan 3 jam,” ujarnya.

Populasi Badak Jawa di Indonesia sampai dengan tahun 2019 sebanyak 72 individu dengan komposisi 39 jantan dan 33 betina. “Adapun upaya-upaya konservasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon dilakukan melalui perlindungan dan pengamanan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon melalui patroli rutin,” ujarnya.



Selain itu dilakukan monitoring Badak dan pembinaan habitat (Rhino Monitoring Unit), penanaman dan pemeliharaan pakan Badak Jawa di Semenanjung Ujung Kulon, serta berbagai upaya lainnya. “Yuk kita terus jaga dan sayangi badak. Menjaga dan mencintai mereka sama dengan menjaga dan mencintai Indonesia,” ajaknya. (Salih)

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>



Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Nevi Zuairina Serahkan Bantuan TJSL untuk Kelompok Tani dan Madrasah

SPIRITSUMBAR.com, Pasaman – Anggota DPR RI asal Daerah pemilihan Sumatera Barat II, Hj. Nevi Zuairina, ...