Depan - Berita Pilihan - Sebelum PBM Tatap Muka, tenaga Pendidik Uji Swab, 11 Orang Positif
salah seorang guru mengikuti Uji Swab
Salah seorang guru mengikuti Uji Swab

Sebelum PBM Tatap Muka, tenaga Pendidik Uji Swab, 11 Orang Positif

Print Friendly, PDF & Email

 

Padang Panjang, Spiritsumbar.com. Sebanyak 11 orang  tenaga pendidik di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat dinyatakan positif covid-19.  Tes terhadap  ribuan guru di kota berjuluk Serambi Mekah ini lantaran   akan dimulainya proses PBM tatap  Senin,  11/ 1 -2021. Menurut Kadis DKK, Nuryanuwar kepada Spiritsumbar.com, semua yang positif, termasuk 3 warga Tanah Datar yang mengabdi di Kota Padang Panjang,  kini menjalani isolasi.

Secara terpisah   Kadisdik Kota Padang Panjang, M. Ali Tabrani  mengatakan, guru dan murid yang  hasilnya positif covid-19 harus menjalani isolasi, sementara para guru yang belum  menjalani swab, atau hasil   uji swabnya  belum keluar, tidak  boleh melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Di Padang Panjang  ada  1.859   guru TK hingga SMTA yang menjadi  sasaran tes, namun  baru 891 yang terlaksana pada Jumat, 8/1. Dari jumlah itu masih ada  60 orang  yang masih menunggu hasil dari laboratorium  Biomedik Unand. Sisa yang belum  di swab 1.119 orang dilanjutkan secara bertahap mulai  Senin, 11/ 1  menyasar  108    orang  guru dan tenaga kependidikan  dari 8 buah  Sekolah Dasar.

Selain para guru, ratusan pelajar yang tinggal di  asrama  baik yang berasal dari dalam ataupun luar kota ini juga menjalani swab. Di   SMAN-1 uji   swab siswa asrama  dilakukan  Senin, 11/1 di komplek sekolah Kawasan Guguk Malintang. Jadwal PBM  tatap muka  diumumkan kemudian setelah hasil swab  para pelajar dan guru diketahui.  Masih di SMAN-1, selain siswa asrama, siswa non asrama  yang berasal dari luar Padang Panjang,  Batipuh, X Koto( Pabasko) sebelum masuk sekolah terlebih dahulu harus memperlihatkan  hasil rapid antigen.

Tes rapid antigen boleh dilakukan di daerah masing masing boleh juga di Kota Padang Panjang. Beda dengan swab yang difasilitasi oleh Pemko Padang Panjang  secara gratis, rapid antigen   dapat dilakukan di RSUD atau di RS Yarsi secara mandiri /berbayar sekitar Rp. 260/  jawab kadis DKK, Nur Yanuwar  menjawab pertanyaan The Public/ spiritsumbar.com. Walau begitu akan  ada kebijakan bagi  anak anak dari keluarga kurang mampu, ujarnya menambahkan.

Seperti edaran Kepala sekolah SMAN-1 yang diterima wali murid, anak anak harus bawa bekal dari rumah karena  kantin sekolah tutup, bawa perlengkapan pribadi sendiri, seperti mukena, sajadah, alas kaki, bahkan alas meja   sekalipun. Disamping  juga wajib pakai masker cuci tangan, menjaga jarak, pakai faces hield di ruang kelas, kalau bisa  ke sekolah dijemput antar oleh orang tua agar anak tidak kemana mana sepulang sekolah.

Untuk di ketahui, rencana  awal PBM tatap muka di kota Serambi Mekah ini dimulai pada  2 Januari lalu, namun  agar persiapan lebih matang, diundur jadi tanggal 11 /1. Sejak itu pihak terkait, Disdik, DKK, BPBD termasuk Walikota Fadly Amran, Wawako Asrul,   Ketua DPRD, Mardiansyah, sibuk membahas dan meninjau    kesiapan sekolah  apakah sudah  memenuhi standar  covid kesehatan, misalnya, thermogun, tempat cuci tangan di sejumlah lokasi,  toilet yang bersih dan cukup, ruangan kelas yang lega dan sebagainya. Sebelumnya  gugus tugas penanganan  covid juga melakukan penyemprotan disinfektan ke sekolah yang ada

Dari data yang diterima Spiritsumbar.com, grafik pasien covid-19  sejak awal 2021  terus meningkat melebihi  dari 35 orang. Walau sempat turun ke zona kuning, minggu  ke 43  ini kembali berada di zona oranye dengan skor 2,13.

Update covid Padang Panjang pada 10/1/21, positif 720 orang, sembuh 652 orang, meninggal 14 orang ( 1,95%), isolasi/ karantina 54 orang. Melalui Kadis DKK, Wako Padang Panjang menghimbau agar warga selalu menerapkan protocol kesehatan  dengan memakai masker, menghindari kerumuman, meningkatkan imun tubuh dengan  berolahraga, asupan  gizi seimbang, berfikir posirtif dan berdoa agar pandemic ini cepat berlalu. (Yetti Harni)

 

 

 

 

 

 

 

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Terbuka Peluang Sebagai Direksi PT. Jamkrida Sumbar

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Sehubungan telah berakhirnya masa jabatan Direksi PT. Jamkrida Sumbar periode tahun 2017 ...