Beranda - Berita Pilihan - Satu Lagi Warga Positif Covid-19 di Padang Panjang
Damkar kembali melakukan peyemprotan disinfektan pada fasilitas umum Padang Panjang. ( foto; Kominfo)
Damkar kembali melakukan peyemprotan disinfektan pada fasilitas umum Padang Panjang. ( foto; Kominfo)

Satu Lagi Warga Positif Covid-19 di Padang Panjang

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang Panjang, – Dibalik gencarnya pemberantasan Covid-19 di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, jumlah pasien covid-19  justru  meningkat sejak diberlakukannya PSBB I hingga ke PSBB tahap II. Jumad,15/5/20, satu warga lagi diketahui positif covid-19. Dia adalah wanita initial FPR, pasien ke 23 untuk  Kota Padang Panjang.

Menurut juru bicara bidang kesehatan  PPVC  Padang Panjang, Nuryanuwar, dan ikut dibenarkan Kadis Kominfo, Ampera Salim, FPR  tercatat sebagai honorer di  Satpol PP Kota Padang Panjang. Dia diuji swab lantaran punya riwayat  kontak erat  dengan pasien no 18  saat periksa kehamilan di sebuah rumah  bersalin

Pasien nomor 18 sendiri tertular dari keluarga dekatnya,  yakni, pasien nomor 9  yang memiliki  klinik.



Tadi pagi, pasien nomor  nomor 23  dijemput dengan mobil ambulance ke rumahnya di Kelurahan Kampung Manggis, selanjutnya dibawa ke tempat  isolasi/perawatan di Pusdiklat Sumbar di Padang Besi, Kota Padang. Sebelum dibawa ke Padang, pasien 23 sempat minta isolasi di RSUD Padang Panjang  bersama  pasien covid sebelumnya, tapi tidak terpenuhi, alasan tim kesehatan, kalau di Padang lebih cepat sembuhnya.

Dengan bertambahnya satu lagi pasien covid, sudah 23 orang warga Kota Padang Panjang terinfeksi virus corona. Sebanyak 14 orang dintaranya Nakes RSUD kota ini, 9 orang masyarakat umum. Setelah diisolasi sejak 1 Mei lalu, 11 orang nakes yang terdiri dokter, perawat, tenaga labor dan petugas keamanan RSUD dinyatakan sembuh..

Berkembangnya Covid-19 di kota kecil berhawa sejuk ini, berawal dari  NS (29) seorang warga Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Tanah Datar. Wanita yang tengah hamil tua ini sebelumnya 4 kali datang berobat ke RSUD Padang Panjang. Terakhir, pada tanggal 25 April 2020. Dari RSUD Padang Panjang di rujuk ke RSUP.M. Djamil Padang. Setelah uji swab diketahui dia positif covid.

Dari NS, yang bekerja sebagai perawat di salah satu RS di Jakarta, menularkan ke belasan nakes  RSUD Padang Panjang. Seorang diantara nakes  tertular itu adalah pasien  nomor 9.   Pasien 9  kemudian diperkirakan  menularkan pula kepada  8 orang warga kota, 7 diantaranya kerabat dekat, termasuk pasien 18.Pasien 18 menularkan lagi ke pasien 23.

Sejak adanya pasien covid di Padang Panjang, menurut Nuryanuwar yang seharinya menjabat sebagai Kadis DKK,  warga yang menjalani uji swab terus bertambah. Hingga 14/5, jumlahnya telah mencapai  773 orang. Belum termasuk pengambilan sampel swab seharian Jumat ini (15/5) di Puskesmas Gunung, terhadap orang  anggota Pol PP dan keluarga pasien 23, ujar Nuryanuwar menjelaskan kepada Spiritsumbar.

Total hasil swab yang sudah diterima dari Labor Unand berjumlah 634.  (Positif covid-19 tercatat  23 orang, sembuh 11 orang). Negatif 617 orang, inconclusif (diragukan) 5, lainnya menunggu hasil.

FPR sendiri terkonfirmasi positif covid-19 setelah hasil swabnya bersama 56 lainnya keluar subuh tadi,  Jumat (15/5/2020)

Untuk memutus rantai penyebaran covid-19, Wako Fadly menghimbau masyarakat untuk menghindari kontak fisik, jaga jarak minimal satu meter, selalu pakai masker dan bila tidak ada keperluan yang sangat penting jangan keluar rumah, dan rajin cuci tangan dengan sabundan air mengalir.
Kepada tim satgas PPVC diminta  bertegas-tegas memberi tindakan  kepada yang melanggar peraturan PSBB. Fase  edukasi, himbauan dan peringatan cukup sudah, masanya  untuk memberi tindakan bagi mereka yang melanggar, kata  Wako, seperti  dikutip Sekdako Sony baru baru ini.

Secara terpisah  Direktur RSUD Padang Panjang, Ardoni, mengatakan pihaknya telah memberikan perawatan dan pelayanan terbaik bagi pasien positif covid-19. Sesuai himbauan Walikota, mereka mendapat ruang dan layanan premium, diperhatikan sedetil detilnya, suplemennya, psikologinya, olahraga dan lainnya.

update 15/5/20, di Padang Panjang, positive covid 23 orang (sembuh & pulang 11orang, 11 orang isolasi di RSUD, 1 isolasi Pusdiklat Padang). ODP 137 (habis  masa karantina 134 orang). PDP 8 orang (6 sembuh, 1 orang RDT sembuh) (Yetti Harni)


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Hari Santri, PWNU Sumbar Hadirkan Cak Imin dan Maidir Harun

SPIRITSUMBAR.COM, Padang – Memeriahkan Hari Santri yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, Pengurus ...