Beranda - Pendidikan - Artikel - Regulasi PPDB 2020, Ibarat Bayi Lahir Prematur
Saribulih, owner Publik Spirit Sumbar (PSS Media Grup) saat penyampaian Materi Tokoh Inspirasi Zainuddin Labay
Saribulih, owner Publik Spirit Sumbar (PSS Media Grup) saat penyampaian Materi Tokoh Inspirasi Zainuddin Labay

Regulasi PPDB 2020, Ibarat Bayi Lahir Prematur

Print Friendly, PDF & Email

Dari catatan siswa yang diterima pada tahap zonasi di Kota Padang, hanya mampu menampung calon peserta didik dengan jarak kurang dari 1 kilometer. Dengan jarak tersebut, belum tentu mampu mengakomodir satu kelurahan, terutama di daerah padat penduduk.

Sementara, jarak satu SMA dengan dengan SMA lainnya sangat jauh. Contoh ringan, SMA 4 Padang yang terletak di Kelurahan Lubuk Begalung Nan XX, Kecamatan Lubuak Bagaluang hanya mampu mengakomodir sampai 0,98 km.

Hal sama juga terjadi pada SMA 6 Padang yang terletak di Kelurahan Mato Aie, Kecamatan Padang Selatan. Sekolah ini, juga hanya mampu menampung dengan jarak paling jauh, juga 0,98 km. Jangankan kelurahan lain, masyarakat jembatan babuai yang juga bagian dari kelurahan Mato Aie saja tak bakalan terakomodir.



Padahal jumlah sekolah SMA di Kota Padang hanya 16 yang menyebar di 11 kecamatan. Rata-rata satu kecamatan hanya memiliki satu SMA. Yang paling bernasib sial, tentu saja daerah pemukiman padat, seperti SMA 4 Padang
SMA 6 Padang juga satu-satunya di kecamatan Padang Selatan. Padahal kecamatan ini berpenduduk 59.962 jiwa (tersebar di 12 kelurahan) harus menampung tamatan 9 SMP yang terdiri 2 SMP negeri dan 7 swasta.

Simak : Gaji ke 13 Cair, Ini Kata Kementerian Keuangan

Nasib sama juga dialami Kecamatan Lubuak Bagaluang yang hanya memiliki SMA 4 Padang. Berdasarkan hasil seleksi zonasi tahap 1, hanya mampu menampung tamatan SMP/MTs dengan radius 0,98 kilometer. Jangankan untuk menampung kelurahan lain, Kelurahan Lubuk Begalung Nan XX saja tidak tercover.



Jika rata-rata sekolah yang ada hanya mampu menampung di lokasi kelurahan tempat berdiri saja, bagaimana nasib tunas bangsa di 88 kelurahan lain yang ada di Kota Padang? Saat ini Kota Padang memiliki 104 kelurahan.

Simak :  Dokter Dermawan Itu Sembuh Dari Covid-19

Salah satu cara tentu saja dengan menambah daya tampung pada seleksi zonasi tahap 2. Langkah ini, bisa jadi memang menjadi wacana Gubernur Sumatera Barat. Tapi menambah daya tampung tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena, langkah ini butuh ruang kelas baru dan mobiler yang memadai.

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya : Solusi Cerdas Carut Marut PPDB 2020

Selanjutnya>>> Menambah Peserta Rombel, Langkah Mundur Pendidikan

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dua Ranperda Usul Prakarsa DPRD Sumbar Masuk Propemperda Provinsi Sumbar tahun 2020

Spiritsumbar.com, Padang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat paripurna penetapan ...