Depan - Berita Pilihan - Ratusan Peserta Bakal Ambil Bagian di Festival Paralayang Pesona Langkisau

Ratusan Peserta Bakal Ambil Bagian di Festival Paralayang Pesona Langkisau

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Pesisir Selatan – Lebih dari 100 atlet paralayang akan meramaikan Festival Paralayang Pesona Langkisau di Bukit Langkisau Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sabtu sampai Ahad, 12–13 Juni 2021.

Tak bisa dipungkiri, Bukit Langkisau menawarkan pemandangan laut Pessel yang menakjubkan, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta paralayang.

Bukit Langkisau adalah salah satu perbukitan di kawasan barat Painan yang satu sisinya memperlihatkan pandangan Pantai Carocok yang cantik. Bukit dengan ketinggian hingga 400 meter ini memiliki puncak yang tidak terlalu lebar dan sebagian digunakan untuk area tinggal landas paralayang

Lebih 100 atlet paralayang dari berbagai daerah di Sumbar bakal mengikuti Festival Paralayang Pesona Langkisau, yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar dan Pemerintah Kabupaten Pessel.

Ketua Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) Pessel, Iqbal Rama Dipayana mengatakan bahwa Festival Paralayang Pesona Langkisau ini juga sekaligus melihat kesiapan atlet paralayang Sumbar jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

“Lokasi peluncuran di Bukit Langkisau adalah bukit berumput, 250 meter di atas permukaan laut dengan arah lepas landas yang menghadap ke Samudera Hindia yang indah,” ujar Iqbal.

Lokasi pendaratan utama terletak di Pantai Salido, tepatnya di bawah lokasi lepas landas. Situs pendaratan menawarkan target besar dan lunak yang dapat dengan mudah dijangkau, bahkan oleh siswa pemula.

Selain pemandangan panorama yang indah, lanjut Iqbal, keuntungan utama terbang di Bukit Langkisau adalah memungkinkan untuk mencatat hingga 5, 6 atau 7 penerbangan sehari.

“Dengan perjalanan singkat 20 menit dari pantai, Anda dapat kembali ke atas Langkisau untuk mempersiapkan penerbangan berikutnya,” terang Iqbal.

Adapun Bukit Langkisau merupakan salah satu lokasi terbaik di Indonesia untuk berlatih lepas landas dan mendarat berulang kali.

Ditambahkan Iqbal, acara ini merupakan gagasan dari Anggota DPRD Sumbar  Muhayatul, SE, MSi, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, serta Dinas Pariwisata Pessel sebagai tuan rumah tempat kegiatan dilaksanakan.

“Untuk kesuksesan iven yang digelar di masa pandemi tersebut, Pak Muhayatul telah berkoordinasi dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 dan Kapolres Pessel, dan acara ini tidak ada penonton,” terang Iqbal.

Selain acara ini tanpa penonton, dapat juga disaksikan secara langsung (live) di platform media sosial Youtube Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar atau Facebook.

Sementara itu Anggota DPRD Sumbar Muhayatul mengatakan, kegiatan ini sebagai ajang uji coba bagi atlet paralayang untuk persiapan PON Papua 2021.

Lanjut Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar yang merupakan Tokoh Muda Pessel ini, acara juga dalam rangka mempromosikan pariwisata dan menggerakan perekonomian daerah setempat. Sehingga diharapkan lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pessel.

“Jika ingin pengalaman paralayang yang tak terlupakan, datanglah ke bukit Langkisau,” ajak Muhayatul. (MC)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

BazNas Padang Panjang Salurkan Modal Usaha Berupa Barang

Padang Panjang, Spiritsumbar – BAZNas Kota Padang Panjang menyerahkan zakat senilai Rp 227,8 juta kepada ...