Minggu , 27 September 2020
Beranda - Covid19 - PSBB Butuh Kesadaran Semua Pihak
Bupati Yulianto menyerahkan bantuan yang telah diberikan PT.Agrowiratama ke Dinas Sosial Pasbar (foto : BY/Spirit Sumbar)
Bupati Yulianto menyerahkan bantuan yang telah diberikan PT.Agrowiratama ke Dinas Sosial Pasbar (foto : BY/Spirit Sumbar)

PSBB Butuh Kesadaran Semua Pihak

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Pasaman Barat – Bupati Pasaman Barat Yulianto menilai dalam memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) sangat dibutuhkan kesadaran semua pihak. Namun begitu, pemerintah setempat terus memaksimalkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Rabu 29 April 2020.

“Kita membutuhkan kesadaran bersama dari semua pihak. Memang sektor ekonomi terimbas dan itu tidak bisa dipungkiri, namun kita meminta mari bersama memutus rantai penyebaran COVID-19 ini dengan mengikuti anjuran pemerintah,” kata Yulianto.

Ia menjelaskan, PSBB sudah hari kelima di Sumatera Barat yang diterapkan diseluruh Kabupaten dan Kota. Meski begitu, menurut Yulianto, masih ada masyarakat yang belum memahaminya.


Artikel Lainnya

loading…


“Inilah yang paling utama sebetulnya bagaimana untuk menyampaikan. Sebab saat ini, hal yang paling dibutuhkan adalah kesadaran bersama,” ujarnya.

Selain dibutuhkan kesadaran semua pihak, Yulianto juga tidak memungkiri, bahwa masyarakat juga sangat membutuhkan bantuan berupa sembako. Sebab imbas dari virus corona langsung ke perekonomian dan sosial.

“Misal, biasanya tukang ojek yang selama ini bisa mengantarkan penumpang namun sekarang tidak bisa lagi karena adanya aturan PSBB. Corona membuat semua terdampak, baik dari sektor kecil sampai usaha perindustrian,” jelas Yulianto

Selain dari pihak pemerintah, Bupati Pasaman Barat menerangkan bantuan dari pihak swasta sudah ada yang mengalir. Baik itu berupa alat pelindung diri (APD) dan begitu juga dengan bantuan paket sembako.

“Bantuan dari pihak swasta seperti perusahaan perkebunan sawit mulai mengalir. Ada yang membagikan langsung kepada warga kita seperti Wilmar Group dan ada bantuan uang senilai Rp.100juta yang telah masuk ke rekening pemerintah,” katanya

Selain itu ada dari PT Agrowiratama sebanyak 1.200 liter minyak goreng, tong air sebanyak 6 buah yang sudah dipasang untuk ke masjid dan langsung diterima oleh Dinas Sosial. Selain perusahaan itu, ada yang sudah mengantarkan bantuan kepada BPBD Pasbar berupa APD sebanyak 300 lembar.

“Memang peran serta perusahaan yang ada di Pasaman Barat sudah ada, tapi kita tetap mengimbau dan mengajak kepada perusahaan yang belum menyalurkan bantuan nya dan mari kita bersama-sama memberikan apa yang bisa kita berikan untuk masyarakat,” pintanya.


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Appraisal Tunjang Program Perbumma Adat Nusantara

SPIRITSUMBAR.COM, Jakarta – Dunia Usaha sekarang sangat terpengaruh oleh adanya Virus corono (covid-19). Namun, uniknya, ...