Minggu , 29 November 2020
Beranda - Pendidikan - Artikel - Proses dan Implementasi Perencanaan Pendidikan
Pardi.
Pardi.

Proses dan Implementasi Perencanaan Pendidikan

Print Friendly, PDF & Email

Keenam, evaluasi rencana. Kegiatan untuk menilai atau mengevaluasi tingkat keberhasilan pelaksanaan program atau perencanaan, sebagai umpan balik (feedback).

Dengan adanya evaluasi ini dapat diketahui kemajuan atau perkembangan dalam proses perencanaan apakah berhasil atau tidak, dan juga dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan atau kesalahan dalam implementasinya.

Ketujuh, revisi rencana. Setelah memperoleh feedback dari tahap evaluasi, selanjutnya adalah menindak lanjuti apa yang menjadi feedback tersebut.

Menentukan cara bagaimana mengadakan perubahan dalam penyusunan rencana. Dilakukan revisi terhadap perencanaan ketika memang ada permasalahan yang timbul dan tidak sesuai dengan rencana awal. Lebih memperbaiki, melengkapi dan menyempurnakan rencana ke depan berdasarkan pengalaman atau masalah yang ditemui.



Adapun langkah-langkah perencanaan pendidikan menurut Edgar L. sebagai berikut, mengumpulkan informasi dan analisis data, mengidentifikasi kebutuhan, mengidentifikasi tujuan dan prioritas, membentuk alternatif penyelesaian, mengimplementasikan, menilai dan memodifikasi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan pendidikan yakni, perencanaan harus didasarkan atas tujuan yang jelas, perencanaan bersifat sederhana, realistis dan praktis.

Perencanaan hendaknya dibuat sederhana, artinya perencanaan tersebut mudah dipahami dan tidak terkesan berbelit-belit. Perencanaan juga realistis artinya perencanaan dibuat dengan mempertimbangkan kualitas dari sumber daya yang ada.

Kemudian kualitas sumber daya tersebut dijadikan sebagai patokan dalam menentukan bagaimana perencanaan dibuat. Jangan sampai perencanaan dibuat akan tetapi sumber daya yang ada tidak dapat mendukung atau tidak bisa maksimal.

Perencanaan yang terinci dan memuat segala uraian yang jelas akan mudah dijalankan. Perencanaan memiliki fleksibilitas sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi dan situasi.

Jika memang terjadi kendala, maka perencanaan dapat disesuaikan agar dalam pelaksanaannya tidak menghambat. Begitulah proses dan implementasi perencanaan pendidikan yang harus dilakukan.

<<<Sebelumnya     Selengkapnya>>>

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]   [All]

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dalam kegiatan FGD dengan tema "Implementasi Peran dan Tugas DPD RI Dalam Rangka Pemantauan dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah dan Peraturan Daerah" di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah

Mahyudin: DPD RI Punya Peran Strategis Dalam Pembentukan Hukum Pusat dan Daerah

SPIRITSUMBAR.COM, Kalimantan Tengah – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan DPD RI memiliki peran yang ...