Minggu , 29 November 2020
Beranda - Pendidikan - Artikel - Proses dan Implementasi Perencanaan Pendidikan
Pardi.
Pardi.

Proses dan Implementasi Perencanaan Pendidikan

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Pardi ( Mahasiswa Pasca Sarjana IAIN Batusangkar )

Dalam hal apapun, perencanaan tentu menempati posisi yang sangat penting. Perencanaan merupakan unsur vital dan strategis yang memberikan arah dalam pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, kegiatan yang baik adalah kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Begitu pula dalam hal pendidikan, bagi sebuah lembaga pendidikan, perencanaan menempati posisi strategis dalam keseluruhan proses pendidikan. Perencanaan pendidikan itu memberikan kejelasan arah dalam usaha proses penyelenggaraan pendidikan, sehingga manajemen lembaga pendidikan akan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien.



Artinya perencanaan memberi arah bagi ketercapaian tujuan sebuah sistem, karena pada dasarnya sistem akan berjalan dengan baik jika memenuhi persyaratan dan unsur-unsur dalam perencanaan itu sendiri

Pentingnya perencanaan pendidikan adalah untuk memberi arahan dan bimbingan kepada pelaku pendidikan dalam rangka menuju perubahan yang lebih baik dalam peningkatan atau pengembangan dengan resiko yang kecil untuk mengurangi ketidakpastian masa depan.

Perencanaan pendidikan sebagai pedoman bagi pelaksanaan merupakan satu fungsi manajemen untuk mewujudkan tujuan, penjamin mutu, sarana, memperjelas visi, misi dan strategis.

Untuk mencapai perencanaan yang dapat memenuhi keperluan tenaga kerja, perluasan dan mutu pendidikan, dalam meningkatkan efektifitas penyelenggara pendidikan maka dibutuhkan proses dan pendekatan perencanaan yang matang dan tepat.

Proses perencanaan pendidikan yang tepat itu dimulai dari pengkajian mengenai masalah dan kebutuhan apa yang diperlukan dari keseluruhan perencanaan pendidikan.

Adapun tahapan-tahapan perencanaan dalam pendidikan adalah sebagai berikut. Pertama, menentukan dan merumuskan tujuan yang hendak dicapai. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan arah yang tepat dalam merumuskan perencanaan kedepannya. Dengan ditetapkannya tujuan ini, proses perencanaan akan berjalan sesuai dengan apa yang dibutuhkan/ dikehendaki sebelumnya.

Selanjutnya>>>

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]

Tip & Trik

loading…


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dalam kegiatan FGD dengan tema "Implementasi Peran dan Tugas DPD RI Dalam Rangka Pemantauan dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah dan Peraturan Daerah" di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah

Mahyudin: DPD RI Punya Peran Strategis Dalam Pembentukan Hukum Pusat dan Daerah

SPIRITSUMBAR.COM, Kalimantan Tengah – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan DPD RI memiliki peran yang ...