Minggu , 19 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Pramuka Peduli, Kwarda 03 Sumbar Salurkan Bantuan pada Korban Banjir di Solok
Kwarda 03 Sumbar Salurkan Bantuan pada Korban Banjir di Solok
Kwarda 03 Sumbar Salurkan Bantuan pada Korban Banjir di Solok

Pramuka Peduli, Kwarda 03 Sumbar Salurkan Bantuan pada Korban Banjir di Solok

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Solok Pasca banjir besar yang melanda Kabupaten Solok dan Kota Solok, Sumatera Barat pada 11 dan 12 Januari 2021 lalu, Pramuka Peduli Kwartir Daerah Gerakan Pramuka 03 Sumatera Barat, serahkan paket bantuan kepada korban.

Banjir yang berdampak kerusakan di Kabupaten dan Kota Solok terjadi akibat hujan dengan instensitas sedang dan tinggi serta meluapnya Sungai Batang Lembang. Akibatnya ribuan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian 50 hingga 200 sentimeter.

Membantu meringankan beban korban banjir di dua wilayah tersebut, Pramuka Peduli langsung turun tangan mulai dari saat kejadian, membantu evakuasi warga, hingga pasca bencana dengan mengumpulkan bantuan bahan makanan.



Sekretaris Kwartir Cabang Kota Solok,  Nasrul, saat menyambut kedatangan Tim Pramuka Peduli Kwarda Sumbar menyebutkan, bencana banjir Selasa, 12 Januari 2021   merupakan banjir terparah sejak tahun 1995. Dan ribuan warga pun terdampak.

“Ini merupakan banjir terbesar sejak 1995 yang terjadi pada selasa dini hari kemaren, itupun terjadi saat warga tertidur lelap, banyak warga kita yang menjadi korban,”  ujar Nasrul.

“Hari ini kami berterima kasih kepada Pramuka Peduli Kwarda Sumbar yang sudah berkenan datang mengantarkan bantuan, yang nantinya akan kami salurkan ke warga korban banjir,” ujarnya.

Nasrul menerangkan, selain Pramuka Peduli Kwarda Sumbar, sebelumnya juga sudah datang mengantarkan bantuan dari Pramuka Peduli Kwarcab Padang Panjang, Kwarcab Sijunjung dan Kwarcab Sawahlunto.

Usai menyerahkan bantuan kepada Kwarcab Kota Solok, Pramuka Peduli Kwarda Sumbar yang dipimpin oleh Yuliarman selaku Waka Kwarda Bidang Abdimas dan Siaga Bencana Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, langsung menyerahkan bantuan kepada warga korban banjir Kelurahan IX Korong Kecamatan Lubuk Sikarah.

Baca juga : Pembunuhan di Sijunjung, 2 Awak Bus ALS Ditangkap Polisi

Selanjutnya, bantuan kembali diserahkan ke Kwartir Cabang Kabupaten Solok dengan jenis bantuan yang sama. Yakni berupa sembako terdiri dari Beras, Mie Instan serta telur. Bantuan tersebut diterima oleh Wakil Ketua Kwarcab Kabupaten Solok Bidang Bina Muda Zulmasdiawarman beserta jajarannya.

Di Kabupaten Solok ada beberapa nagari dan jorong yang terkena dampak banjir tersebut. Anggota Pramuka Peduli Kabupaten Solok langsung datang ke lokasi banjir guna membantu para korban yang terdapak banjir, tambah Zul.

“Kami atas nama Kwartir Cabang Kabupaten Solok mengucapkan terima kasih kepada Pramuka Peduli Kwarda Sumatera Barat atas Bantuan yang diberikan kepada kami, dan insyaallah hari ini langsung kami salurkan kepada warga yang terdampak bajir di Kabupaten Solok,” ujar Zul.

Tonton Video : 4 Awak Bus ALS Bunuh Warga Sijunjung. Ini Kronologisnya

Yuliarman Selaku Pimpinan Rombongan Pramuka Peduli Kwarda Sumatera Barat menyampaikan semoga bantuan yang kami berikan kepada Kwartir Cabang Kabupaten Solok bisa meringankan beban para korban yang terdampak banjir dan bermanfaat.

“Saya berharap bantuan dari Pramuka Peduli ini akan terus hadir di setiap bencana alam, tidak saja bantuan sembako, tapi juga bantuan tenaga dari anggota Pramuka yang ada di Sumbar, terutama mereka yang sudah terlatih dalam wadah Pramuka Peduli,” ujarnya.

Pemberian bantuan ini juga dihadiri Wahyudi Agus Wakil Ketua Bidang Humas dan Teknologi Informatika beserta Andalannya (Pengurus Bidang). Termasuk Andalan Abdimas dan Siaga Bencana, Dewan Kerja Daerah, Anggota Pramuka Peduli beserta Staf Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat. ( REL-KY)

Tip & Trik

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...