Depan - Berita Pilihan - Polisi Sungai Rumbai Ciduk 3 Pelaku Pungli

Polisi Sungai Rumbai Ciduk 3 Pelaku Pungli

Print Friendly, PDF & Email

Palak Pedagang Berdalih Uang Pakir

SPIRITSUMBAR.com, Dharmasraya – Anggota Polsek Sungai Rumbai mengamankan 3 orang yang diduga melakukan kegiatan pungutan liar di Pasar Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat pada Kamis (17/6/2021).

Selain itu, dari ketiga pelaku, juga diamankan barang bukti uang yang diduga hasil pungutan liar.

Penangkapan terhadap pelaku dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Sungai Rumbai Ipda A Agung Ngurah Santa .

Saat di temui Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono melalui Kapolsek Sungai Rumbai AKP Andri Nugroho Saputro, pada Kamis (17/6/2021) di Polsek Sungai Rumbai mengatakan 3 pelaku yang melakukan aksi pungutan liar tersebut berkedok uang jasa parkir kepada pengunjung Pasar tradisional Sungai Rumbai. “Petugas mengamankan pelaku bersama bara bukti berupa uang yang diduga hasil pungli,” ujarnya.

Ketiga pelaku yang diamankan yakni “U” (41), “S” (42) dan “SG” (35). “Pelaku diamankan petugas saat beraksi di pasar tradisional Sungai Rumbai, Kecamatan Sungai Rumbai,” ujarnya.

Setelah diamankan ke Polsek Sungai Rumbai dilakukan pemeriksaan dan pembinaan pada ketiga pelaku. Selanjutnya, pelaku membuat surat pernyataan untuk tidak melakukan perbuatan. Kemudian ketiga pelaku dipersilakan pulang ke rumah masing-masing.

“Ketiga pelaku membuat surat pernyataan dengan materai. Jika kemudian hari kedapatan mengulangi hal yang sama akan diberikan tindakan lebih lanjut,” ujarnya.

Polres Dharmasraya bertekad memberantas pungutan liar (pungli) dan aksi premanisme yang selama ini meresahkan masyarakat sebagai tindak lanjut dari Instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo,

Seluruh aksi pungutan liar dan premanisme yang membuat resah masyarakat akan diberantas. Tujuannya guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan usaha maupun kegiatan masyarakat.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh Polda maupun Polres dan jajaran untuk memberantas setiap aksi premanisme yang meresahkan masyarakat.

Instruksi tersebut, menyusul adanya permintaan langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kepada Kapolri untuk menindak tegas preman yang sering melakukan pemalakan terhadap sopir kontainer di wilayah Jakarta Utara, Kamis (10/6/2021).

“Seluruh Polda dan Polres jajaran harus menindak tegas aksi premanisme yang meresahkan. Hal itu demi menjamin keselamatan dan memberi rasa tenang kepada masyarakat,” kata Sigit dalam keterangan tertulis.

“Petugas di lapangan juga berkoordinasi dengan pengurus pasar agar aksi pungutan liar dan premanisme baik di tempat parkir dan di dalam pasar tidak terjadi,” tegas Kapolsek Sungai Rumbai AKP Andri Nugroho Saputro.

Kapolsek Sungai Rumbai AKP Andri Nugroho Saputro, mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Dharmasraya agar dapat memberitahu petugas apabila melihat atau mengalami tindakan premanisme atau pungli. (Eko)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Padang Lakukan Penyekatan PPKM dari RT Hingga Kelurahan

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV harus diimbangi dengan pengawasan ...