Kamis , 23 September 2021
Depan - Berita Pilihan - PNS Minta THR, Wakil Rakyat: Tindakan Memalukan
Pecahan Rupiah (ilustrasi)

PNS Minta THR, Wakil Rakyat: Tindakan Memalukan

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Menyikapi hal itu, Anggota Komisi I DPRD Padang, Faisal Nasir mengatakan, tindakan yang dilakukan oknum Kelurahan Rimbo Kaluang Kecamatan Padang Barat dengan meminta bantuan THR pada pihak swasta tersebut sangat memalukan.

Baca juga: PNS Minta THR, Ini Kata Walikota Padang

Tindakan itu, katanya, mencoreng nama lembaga pemerintahan, apalagi dengan mengajukan proposal memakai kop surat Pemko. “Tindakan itu adalah semacam gratifikasi yang memang ilegal dan tidak diperbolehkan,” tegasnya, saat dihubungi melalui selulernya, Jumat, 25 Juni 2016.

THR LurahFaisal menegaskan, oknum tersebut harus diperiksa dan diberi sanksi. Bahkan, bisa saja dicopot dari jabatannya. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah ada anggaran THR yang dikeluarkan dari APBD. Belum lagi gaji ke 13 dan ke 14. Juga ada tunjangan di tingkat kelurahan hingga Rp2,5 juta. “Saya rasa ini cukup besar,” ujarnya.

“Apapun bentuknya permohonan atau proposal permintaan THR, baik dari ASN maupun Ormas, LSM dan lainnya, jika ada pihak swasta yang merasa dirugikan atau dibebakan, laporkan saja pada pihak berwenang,” tegasnya.

Hal sama disampaikan oleh Anggota Komisi I DPRD Kota Padang, Azirwan. Ia menegaskan, tindakan seperti itu bisa ditindak pidana karena menyalahi Undang-undang ASN serta PP tentang disiplin. Apalagi menggunakan kop surat untuk kepentingan pribadi, bukan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang yang juga koordinator Komisi I, Wahyu Iramana Putra  mengaku sangat kecewa dengan perlakuan oknum Kelurahan Rimbo kaluang tersebut. “Saya sangat kecewa sekali dengan perlakuan mereka. Ini sudah fatal sekali kalau hal tersebut benar dilakukan oleh oknum kelurahan tersebut. Camat terkait dan pemerintah kota harus bertindak tegas,” katanya.

Sebelumnya, pengusaha dari Purwacaraka Studio, Rahayu Susilawati mengeluhkan adanya permintaan THR dari instansi pemerintahan Kelurahan Rimbo Kaluang. Dalam surat itu terdapat permintaan THR dan paket lebaran untuk sembilan orang, ditandatangani oleh sekretaris lurah dan cap resmi.

Sebelumnya: Oknum PNS Minta THR, Pengusaha Upload ke Medsos

Sebelumnya    [ 1 ]   [ 2 ]

DATUAK

The Public (terbit tiap Senin)

cover Edisi 23 (Terbit Tiap Senin)
cover Edisi 23 (Terbit Tiap Senin)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bupati Pessel : Keterbukaan Informasi Tak Bisa Ditawar

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) pemeringkatan ...