Kamis , 23 September 2021
Depan - Headline - PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning
Jazuli Juwaini
Jazuli Juwaini

PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Ditengah tingginya minat masarakat dalam mempelajari buku tafsir Islam yang dihasilkan oleh ulama nusantara dan ulama timur tengah.

Fraksi PKS di DPR RI akan menggelar lomba baca kitab kuning atau kitab gundul dalam rangka Milad 18 tahun PKS. Penjelasan ini disampaikan oleh Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini di Jakarta, kamis (17/3/2016).

Lomba akan diikuti oleh 530 peserta yang berhasil lolos seleksi dari pesantren di seluruh Indonesia, yang acara finalnya akan digelar di kantor DPP PKS Jakarta Selatan.

Setiap peserta nantinya diwajibkan membaca Kitab Fathul Mu’in karya Ahmad Zainudin ulama dari negara Siria yang berasal dari Malabar yang terletak antara Pakistan dan India. Yang dikenal sebagai penganut Mazhab Syafei.

Pendaftaran dimulai dari tanggal 14 Maret 2016 sampai dengan 6 April 2016. Untuk info lebih lengkap dapat dibaca di situs resmi : fraksidpr.pks.id.

Pada wartawan Jazuli Juwaini mengatakan lomba ini telah direncanakan sejak lama. Tujuan lomba dimaksudkan untuk meningkatkan kecintaan generasi muda untuk membaca kitab kitab Islami yang langsung bersumber dari rujukan utamanya yang sudah dipelajari telah berpuluh puluh tahun di seluruh pesantren.

Melalui lomba ini, kita ingin agar bangsa Indonesia tidak melupakan ruh kebangsaan kita sebagai bangsa yang religius, dimana ulama dan santri memiliki peran dan kontribusi luar biasa dalam pembangunan negara ini sejak awal, kata Jazuli.

Sebelumnya TB Soemandjaya Ketua Fraksi PKS di MPR RI menyatakan sejak amandemen UUD dari awal PKS men dukung Dekrit 5 Juli 1959 yang ditanda tangani oleh Presiden Soekarno dimana ditegaskan Pancasila di semangati oleh Piagam Jakarta yang mewajibkan menjalankan Syariat Islam bagi pemeluknya.

Di tahun 1999 dalam proses amandemen pertama kali, kami PKS pernah dihubungi oleh partai lain untuk menghidupkan kembali pasal 29 dalam Piagam Jakarta. Padahal dari awal posisi PKS di parlemen sudah mendukung Pancasila sesuai dengan Dekrit 5 Juli1959, ujar Soeman.

Erwin Kurai

Lebih lengkap, baca:

The Public (terbit tiap Senin)

Cover The Public Edisi 15/15-21 Maret 2016
Cover The Public Edisi 15/15-21 Maret 2016

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...