Kamis , 23 September 2021
Depan - Foto - PIN Polio 2016, Dinkes Agam Lakukan Persiapan
pin polio
pin polio

PIN Polio 2016, Dinkes Agam Lakukan Persiapan

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mulai melakukan persiapan dan mengsukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan dilaksanakan pada Maret 2016 di pelayanan kesehatan dan Posyandu di daerah itu.

“PIN Polio merupakan program nasional, juga dipersiapkan pemberian Vitamin A kepada bayi dan balita yang akan digelar pada Februari dan Agustus 2016,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr. Indra di Lubuk Basung, Rabu (27/1).

Ia menjelaskan, untuk kegiatan awal dilakukan penyuluhan kepada warga termasuk menyiapkan tenaga medis dan paramedis sampai vaksin. Pihaknya menginginkan kepada orang tua untuk membawa bayi dan balita ke posyandu untuk pemberian Vaksin Polio serta Vitamin A bagi bayi dan anak Balita. Ini merupakan program nasional. “Saat ini, sebanyak 23 Puskesmas di Kabupaten Agam telah memasang imbauan dan spanduk PIN Polio dan Vitamin A di Puskesmas,” katanya.

Agar kegiatan ini berjalan lancar, lanjut Indra, pihaknya telah melakukan monitoring kesediaan stock Vitamin A di 23 puskesmas di Kabupaten Agam. Kegiatan ini dilakukan untuk persiapan pendistribusian Vitamin A diseluruh posyandu dan pelayanan kesehatan lainnya pada bayi 6 – 11 Bulan dan anak balita 12 -59 bulan pada Februari 2016.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada masyarakat di Kabupaten Agam agar antusias membawa bayi dan balitanya ke Posyandu terdekat dan pemberian Vit A yang tepat sasaran dan tepat guna. “Puskesmas juga telah mulai melakukan penyuluhan kepada warga tentang manfaat pemberian vaksin Polio serta Vitamin A bagi bayi dan anak balita,” katanya.

Untuk itu, diharapkan program ini bisa berjalan dengan baik dan bayi maupun balita di Agam bisa terhindar dari penyakit yang disebabkan kekurangan Vit A dan cacat akibat virus polio, sehingga terciptalah generasi yang memiliki tubuh yang kuat dan sehat.

IRMAN NAIM

Lebih lengkap Baca:

Cover The Public Edisi 11/15-21 Februari 2016
Cover The Public Edisi 11/15-21 Februari 2016

 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...