Kamis , 23 September 2021
Depan - Pariwisata - Budaya - Pesilat Bayang Saiyo Tumbangkan Lima Grup Tarusan
Randai
Randai

Pesilat Bayang Saiyo Tumbangkan Lima Grup Tarusan

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar– Sorak riuh terdengar keras saat masyarakat Sawah Laweh, Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) menyaksikan aksi para pesilat.

Gerakan tangkas dan cekatan terlihat, seakan mereka memainkan jurus silat  dalam  randai  dan seni tari yang berasal dari kecamatan Bayang dan kecamatan Tarusan. Para pesilat saling adu aksi selama dua hari, Kamis dan Jumat (21-22/7/ 2016 ).

Acara ini di adakan dalam rangka menaiki rumah baru anggota DPRD Pessel, Firdiis. S.Sos. “ Ini diadakan sebagai wujud syukuran rumah baru saya. Juga, untuk menumbuh kembangkan seni budaya minangkabau dan meningkatkan minat para pemuda untuk mengembangkannya,” ujar Firdiis disela-sela pertunjukan randai di rumahnya, Jumat (22/7/2016).

Dia mengungkapkan, acara ini dihadiri 5  grup silat randai dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Koto XI  Tarusan terdiri dari Mahkota Benteng dari Benteng, Randai Pincuran, Batu Hampa dari Batu Hampar, Pancuran Batu dari Sungai Tawa, dan Randai Mandeh dari Mandeh. Sementara dari  Kecamatan Bayang, yakni Bayang Saiyo.

Kelima grup ini saling beraksi di depan juri dan masyarakat Tarusan, dari keputusan juri, grup randai dari Bayang Saiyo berhasil meraih kemenangan. Sementara posisi II dan III, disabet Mahkota Benteng dan Pancuran Batu.

SARJONO

 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bupati Pessel : Keterbukaan Informasi Tak Bisa Ditawar

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) pemeringkatan ...