Beranda - Headline - Pertamina Berbagi Berkah Ramadhan, di Masa Pandemi Covid-19
Pertamina serahkan Bantuan APD pada Walikota Padang
Pertamina serahkan Bantuan APD pada Walikota Padang

Pertamina Berbagi Berkah Ramadhan, di Masa Pandemi Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Ramadhan 1441 H menjadi pukulan terberat bagi masyarakat. Ini jelas sangat jauh berbeda dibanding tahun sebelumnya, yang pernuh dengan keceriaan dan sikap optimisme. Maklum, Ramadhan tidak hanya bulan ibadah, tapi juga meningkatkan ekonomi masyarakat.

Namun, tahun ini masyarakat dihadapkan dengan kondisi ekonomi yang sulit bercampur dengan kecemasan, karena wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) atau virus corona yang belum juga surut. Paling merasakan dampaknya adalah driver Ojek Online, supir angkot dan pekerja lepas lainnya.

Untuk membantu para pengemudi Ojek Online, Pertamina meluncurkan Program Cashback 50 persen Ojol. Program ini diperuntukkan bagi pengemudi Ojek Online dengan cashback sebesar 50 persen atau maksimum Rp 15.000. Hal ini didapat, pada pembelian BBM jenis Pertalite untuk 10.000 transaksi setiap hari, di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Periode program ini juga berlaku dari 14 April 2020 hingga 31 Juli 2020.

Syawaldi (45) salah seorang pengemudi ojek online merasa antusias dengan adanya program Pertamina ini. Apalagi, saat ini dia tidak bisa berkutik lantaran ekonomi semakin menghimpit. Walau begitu, dia mengaku selama ini belum mengetahui adanya program ini.

“Ini sangat bagus, namun saya baru tahu hari ini. Saya berharap dengan adanya cashback akan mengurangi biaya operasional harian,” ujarnya sambil membuka play store untuk menemukan fitur LinkAja dan aplikasi MyPertamina.

Sementara, bagi pengemudi Angkutan Kota (Angkot), juga ada Program Cashback Angkot sebesar 50 persen. Program ini ditujukan kepada pengemudi angkutan umum dengan cashback sebesar 50 persen atau maksimum Rp 30.000 pada pembelian BBM jenis Pertalite dan Dexlite untuk 10.000 transaksi setiap hari di SPBU Pertamina yang terhubung denganaplikasi MyPertamina. Periode program ini berlaku dari 3 Mei hingga 31 Juli 2020.

Rizal (37) salah seorang pengemudi Angkot Jurusan Pasar Raya Padang – Teluk Bayur. Rizal mengaku sampai saat ini dia bersama sopir lain selalu berburu premium.

“Untuk mendapatkan premium jelas nambah biaya, karena sampai ke Pitameh dan beberapa SPBU lain yang lokasinya lumayan jauh. Selain itu, juga menghabiskan waktu untuk antrian,” ujarnya sambil minta petunjuk cara memanfaatkan fitur MyPertamina.

Menurutnya, hal itu terpaksa dilakukan demi menyelamatkan penghasilan Rp 30 ribu. Namun, dengan adanya program cashback tentu akan lebih menguntungkan. “Hemat waktu dan mesin kendaraan lebih awet. Karena dengan adanya cashback harga pertalite tak akan jauh berbeda dengan premium,” ujarnya.

Menariknya, Pertamina juga meluncurkan Program Cashback Berkah Ramadhan 30 persen bagi masyarakat umum. Program ini memberikan manfaat cashback sebesar 30 persen atau maksimum Rp 20.000 pada transaksi pertama setiap hari.

Program berlaku untuk seluruh konsumen pengguna MyPertamina yang melakukan pembelian BBM jenis Pertamax Series (Pertamax dan Pertamax Turbo) dan Pertamina Dex di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Program ini telah dimulai pada 27 April hingga 31 Mei 2020.

Eri (45) salah seorang pengendara umum juga mengaku mendapat kemudahan dengan transaksi non tunai LinkAja melalui MyPertamina. Menurutnya, transaksi ini tidak ribet dan tidak perlu membawa uang tunai.

“Cukup buka aplikasi MyPertamina yang telah terinstal. Selanjutnya scan alat yang ada sama operator SPBU. Maka transaksi selesai. Jadi penularan covid-19 melalui uang juga bisa diantisipasi,” ujarnya sambil memperlihatkan poin yang didapat melalui smartphonenya di SPBU Mata Air Padang.



Khusus untuk program promo BBM, konsumen, pengemudi angkot dan pengemudi Ojol harus mengunduh aplikasi My Pertamina dan mengaktifkan fiturLinkAja. Cashback berlaku untuk 1 kali transaksi per hari.

Selain memberikan cashback bagi pelanggan bahan bakar, Pertamina juga ikut berbagi di masa pandemi Covid-19 pada petugas kesehatan dan masyarakat Sumatera Barat.

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memberikan bantuan
Alat Pelindung Diri (APD) kepada Pemerintah Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Kamis 9 April 2020.



Unit Manager Comm, Relations, & CSR MOR I Roby Hervindo melalui keterangan tertulis yang mengatakan APD yang diberikan lengkap yaitu pakaian hazmat sebanyak 50 buah, sarung tangan sebanyak 50 buah, masker N95 sebanyak 120 buah, sepatu bot sebanyak 50 buah, serta kacamata sebanyak 80 buah.

Selain itu juga pembagian 300 paket sembako kepada masyarakat Sumbar yang terdampak di 2 lokasi Senin (6/4/2020) dan Jumat (17/4/2020)

Juga membagikan bantuan Alat Kesehatan pada anggota Satgas BUMN Peduli Sumbar pada Jumat (8/5/2020). ” Total bantuan Pertamina untuk Sumatera Barat hampir Rp 156 juta,” ujarnya. (Adv)

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>

 



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Fachrul Razi

Breaking News, Menag Batalkan Keberangkatan Jamaah Haji

Spiritsumbar.com, Jakarta – Menteri Agama Fachrul Razi memastikan bahwa keberangkatan Jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah ...