Minggu , 26 September 2021
Depan - Headline - Pertamina Bantu Petani Pariaman, Budidaya Lebah Madu dan Gaharu

Pertamina Bantu Petani Pariaman, Budidaya Lebah Madu dan Gaharu

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com,  –  Sungai Buluh – PT Pertamina (Persero) MOR I Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau memberi bantuan CSR pemberdayaan ekonomi bagi petani gaharu dan petani lebah madu jenis bunga mekal di Sungai Buluh Timur, Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Program pemberdayaan merupakan lanjutan program Penghijauan Hutan Nagari meliputi pelatihan produk komersil olahan pohon gaharu serta pembudidayaan lebah madu bunga mekal. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Operation Head (OH) DPPU Minangkabau, Ridwan kepada Ketua Lembaga Pengelola Hutan Nagari (LPHN) Sungai Buluh, Bapak Datok Rajo Batuah pada Kamis (9/11/2017).

Ridwan dalam sambutannya menyatakan bahwa budidaya lebah madu dan produk olahan pohon gaharu dikembangkan sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan bagi petani di Nagari Sungai Buluh.

“Program pemberdayaan ekonomi ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Pertamina kepada masyarakat. Program tersebut dipilih karena Pertamina melihat adanya potensi pengembangan gaharu dan budidaya lebah madu di Sungai Buluh. Dengan demikian kami berharap bantuan ini dapat turut mendorong perekonomian dengan prinsip ekonomi kerakyatan”, ungkap Ridwan.

Sebelumnya pada tahun 2016 sebanyak 2.000 pohon gaharu telah ditanam sebagai bentuk pelestarian lingkungan. Saat ini, petani dapat memetik hasil dengan mengolah pohon gaharu menjadi produk-produk yang bernilai komersil seperti produksi teh gaharu, kosmetik, kerajinan tangan, obat-obatan herbal dan produk lainnya yang berbahan dasar gaharu.

Selain itu, program pemberdayaan masyarakat di Sungai Buluh juga diberikan kepada petani lebah madu dengan memberikan pelatihan pembudidayaan lebah madu serta pengadaan sarana pembudidayaan meliputi bibit lebah, kotak lebah, alat pengasap, pengungkit sisiran, sikat sisiran lebah madu, pollen trap, frame atau bingkai yang dipergunakan lebah untuk bersarang, kotak sarang, alat pemisah madu, dan ekstraktor yang dipergunaan saat panen madu.

“Sebagai bentuk keberlanjutan program, petani gaharu dan petani lebah madu diberikan pelatihan meliputi teknik pengolahan produksi, manajemen pemasaran, serta perluasan pemasaran produk untuk menunjang pengembangan usaha pada program pemberdayaan ini”, tutup Ridwan. (Relis)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...